23 Fakta Menarik Tentang Kalsium

Gambar unsur kalsium yang disimpan di dalam sebuah tabung untuk menghindari terjadinya reaksi oksidasi atau terjadinya reaksi antara unsur kalsium dengan oksigen dan uap air dari udara (sumber gambar: wikipedia.com)


WANIBESAKc  -  Kalsium adalah unsur kimia dengan nomor atom 20 dan dalam tabel periodik unsur memiliki simbol Ca.
Kalsium merupakan bahan struktural alam yang paling terkenal. Kalsium terdapat pada komponen penting dari semua makhluk hidup dan juga berlimpah di banyak benda mati, terutama yang membantu mendukung kehidupan, seperti tanah dan air. Gigi, kerang laut, tulang, dan stalaktit dan stalagmit gua adalah produk dari kalsium.

FAKTA-FAKTA MENARIK DAN KEREN TENTANG KALSIUM
1. Kalsium termasuk unsur golongan alkali tanah atau golongan 2 atau golongan IIA yang berwarna putih keperakan.
2. Logam alkali tanah bersifat reaktif, sehingga kalsium murni biasanya tampak kusam atau abu-abu karena adanya lapisan tipis kalsium oksida yang terbentuk dengan cepat saat logam terkena udara atau uap air.
3. Logam kalsium murni termasuk lembut sehingga bisa dipotong dengan menggunakan pisau.
4. Kalsium adalah unsur ke-5 paling banyak di kerak bumi, sekitar 3% terdapat di lautan dan tanah.
Meskipun melimpah di kerak bumi, kalsium tidak pernah ditemukan bebas di alam karena mudah membentuk senyawa dengan oksigen  dan air.
5. Kalsium alami adalah campuran dari enam isotop dan yang paling banyak adalah isotop kalsium-40 (97%).
6. Dalam makanan, kalsium ditemukan dalam bentuk mineral. Makanan tinggi kalsium termasuk produk susu - seperti susu, keju dan yogurt - dan beberapa sayuran, seperti kangkung, selada air, bayam, dan brokoli. Agar kalsium dapat terserap dengan baik, maka harus dikonsumsi dengan vitamin D. Magnesium juga diperlukan untuk asimilasi yang tepat dan penggunaan kalsium dalam tubuh.
7. Banyak ahli gizi yang merekomendasikan rasio kalsium-magnesium sebesar 2 : 1. Tetapi meskipun tubuh kita membutuhkan lebih banyak kalsium, kita cenderung kekurangan magnesium. Hal ini terjadi karena tubuh kita menyimpan dan mendaur ulang kalsium, sedangkan magnesium digunakan atau dikeluarkan sehingga harus diisi ulang setiap hari.
8. Kalsium termasuk unsur penting untuk nutrisi manusia, hewan, dan tumbuhan. Hal ini disebabkan ia berpartisipasi dalam banyak reaksi biokimia, termasuk membangun sistem kerangka, pensinyalan sel, dan aksi otot moderat. Oleh karena itu, kalsium merupakan mineral paling melimpah di tubuh manusia, terutama ditemukan pada tulang dan gigi.
9. Jika kita bisa mengekstrak semua logam kalsium dari tubuh satu orang dewasa, maka kita akan memperoleh sekitar 2 kilogram logam kalsium. 
10. Kalsium dalam bentuk kalsium karbonat (CaCO3) digunakan oleh bekicot dan kerang untuk membangun cangkangnya (rumah kerang).
11. Selain sebagai kapur (kalsium karbonat), kalsium banyak ditemukan pada beberapa mineral seperti gypsum (kalsium sulfat) dan fluorite (kalsium fluoride).
12. Kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah sehingga pendarahan bisa terhenti. Tanpa adanya pembekuan darah, seseorang bisa mati kehabisan darah hanya karena tertusuk duri atau jarum.
13. Kalsium disimpan dalam tulang dan gigi dan akan digunakan oleh tubuh bila diperlukan. Kalsium ini terus digunakan oleh tubuh sehingga pasokan kalsium dalam tulang perlu diganti dari makanan yang kita makan.
14. Kalsium dan senyawanya dianggap tidak beracun. Namun terlalu banyak mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung kalsium karbonat atau antasida dapat menyebabkan sindrom susu-alkali (milk-alkali syndrome). Sindrom ini dikaitkan dengan hiperkalsemia yang kadang-kadang bisa menyebabkan gagal ginjal fatal.
15. Kekurangan kalsium pada sesorang secara normal akan terjadi secara bertahap. Setelah seseorang berumur 20 tahun, tubuhnya akan mulai mengalami kekurangan unsur kalsium sebanyak 1% per tahun. 
Setelah seseorang berumur 50 tahun, tubuhnya akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak  30%. Kehilangan akan terus meningkat hingga mencapai 50% ketika seseorang mencapai umur 70 tahun dan seterusnya.
16. Kehilangan kalsium tubuh pada malam hari lebih tinggi dan wanita lebih banyak kehilangan kalsium pada saat mereka tidur daripada pria.  Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, hal ini mungkin disebabkan oleh adanya perbedaan tingkat paratiroid (PTH) pada malam hari. Pada malam hari produksi PTH pada pria cenderung meningkat, sedangkan wanita tidak.
17. Badan Medis cenderung meresepkan dosis besar kalsium sebagai pengobatan untuk osteoporosis. Namun kenyataannya tubuh kita tidak dapat menyerap lebih dari 500 mg kalsium sekaligus. Walaupun demikian, kita membutuhkan lebih dari 500 mg per hari dalam asupan kalsium sepanjang hari.
18. Orang Romawi biasanya memanaskan batu gamping yang penyusunnya adalah kalsium karbonat untuk membuat kalsium oksida. Kalsium oksida yang dihasilkan kemudian dicampur dengan air untuk membuat semen. 
19. Nama unsur "kalsium" berasal dari kata Latin "calcis" atau "calx" yang berarti "kapur". 
20. Meskipun kalsium telah dikenal selama ribuan tahun, namun tidak dimurnikan sebagai unsur. Pada tahun 1808 Sir Humphrey Davy (Inggris) berhasil memurnikannya melalui elektrolisis campuran kapur (CaO) dan oksida merkuri (HgO).
Oleh sebab itu, Sir Humphry Davy dikatakan sebagai kimiawan pertama yang mengidentifikasi kalsium sebagai unsur. Davy juga bertanggung jawab dan menjadi ilmuwan pertama yang mengisolasi unsur kalium (potasium), natrium (sodium), barium, stronsium, dan magnesium.
21. Kekurangan kalsium pada semangka dapat membuat buah semangka pecah.
22. Garam kalsium digunakan untuk menghasilkan warna oranye pekat pada kembang api.
23. Logam kalsium digunakan sebagai agen pereduksi dalam pembuatan logam lain seperti torium, zirkonium, dan uranium. Ini juga digunakan sebagai agen paduan untuk paduan aluminium, berilium, tembaga, timah dan magnesium. Kalsium juga digunakan dalam tabung vakum untuk menghilangkan sisa-sisa gas dari tabung vakum..

SUMBER RUJUKAN
- Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 2017. “calcium element facts”. (www.thoughtco.com/calcium-element-facts-606472) diakses pada 09 Juli 2017.
- education.jlab.org/itselemental/ele020.html.
- www.rsc.org/periodic-table/element/20/calcium.
- www.livescience.com/29070-calcium.html
- saveourbones.com/7-facts-you-didnt-know-about-calcium/.






Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *