18 Fakta-Fakta Menarik Tentang Unsur Kalium

Gambar unsur logam kalium (Sumber gambar:britannica.com)


Kalium atau potassium merupakan unsur logam ringan yang membentuk banyak senyawa penting. Selain itu, kalium juga sangat penting untuk nutrisi manusia. Pada suhu kamar, logam kalium berwujud padat.
Berikut adalah fakta-fakta menarik lainnya dari unsur kalium.

1. Kalium adalah unsur yang memiliki nomor 19. Ini berarti setiap atom kalium memiliki 19 proton. Dalam tabel periodik unsur, kalium terletak pada golongan 1 atau IA atau 'golongan Alkali'.
2. Kalium adalah salah satu unsur logam golongan alkali, yang berarti logam ini sangat reaktif dengan elektron valensi 1. Karena reaktivitasnya yang tinggi, kalium murni tidak ditemukan bebas di alam. Kalium selalu ditemukan dalam bentuk senyawa.
3. Kalium adalah logam paling ringan (paling padat) setelah litium.
4. Kalium murni adalah logam keperakan ringan yang cukup lunak sehingga mudah dipotong dengan pisau. Meskipun logam kalium nampak keperakan dan terkadang warnanya tampak seperti abu-abu kusam.
5. Kalium murni biasanya disimpan di bawah minyak atau minyak tanah karena begitu mudah teroksidasi di udara dan bereaksi dalam air membebaskan hidrogen. Reaksi yang terjadi antara kalium dengan air bisa membebaskan energi panas yang besar disertai nyala api.
6. Ion kalium penting untuk semua sel hidup. Hewan menggunakan ion natrium dan ion kalium untuk menghasilkan potensial listrik. Hal ini penting untuk banyak proses seluler dan merupakan dasar untuk konduksi impuls saraf dan stabilisasi tekanan darah.
7. Bila tidak cukup kalium yang tersedia di tubuh seseorang bisa mengalami hipokalemia. Gejala hipokalemia meliputi kram otot dan denyut jantung tidak teratur. Kelebihan jumlah kalium akan menyebabkan hiperkalemia, yang juga menghasilkan gejala serupa.
8. Tanaman membutuhkan potasium untuk banyak proses, jadi unsur ini adalah nutrisi yang mudah habis oleh tanaman dan harus diisi ulang dengan cara menggunakan pupuk.
9. Kalium pertama kali dimurnikan pada tahun 1807 oleh Sir Humphry Davy dari kalium kaustik (KOH) melalui proses elektrolisis. Kalium merupakan logam pertama yang diisolasi dengan menggunakan elektrolisis .
10. Senyawa kalium memancarkan warna nyala ungu muda atau ungu saat dibakar. Unsur ini terbakar di dalam air, sama seperti natrium (sodium). Perbedaannya adalah natrium terbakar dengan nyala kuning. Ketika kalium terbakar di air, panas reaksi yang terjadi bisa memicu dilepaskan gas hidrogen.
11. Logam kalium digunakan sebagai medium perpindahan panas. Senyawa garam dari kalium digunakan sebagai pupuk, oksidator, pewarna, untuk membuat basa kuat, sebagai pengganti garam, dan banyak aplikasi lainnya.
12. Nama kalium berasal dari kata bahasa Inggris. Simbol unsur untuk kalium adalah K, yang berasal dari bahasa Latin kalium dan bahasa Arab qali untuk alkali.
13. Potash dan alkali adalah dua dari senyawa potasium yang dikenal manusia sejak zaman kuno.
14. Kalium adalah unsur ke-7 yang paling melimpah di kerak bumi, sekitar 2,5% massa.
15. Unsur kalium adalah unsur paling banyak ke-8 dalam tubuh manusia, sekitar 0,20% dan 0,35% massa tubuh.
16. Tiga isotop kalium terbentuk secara alami di Bumi, walaupun setidaknya 29 isotop telah diidentifikasi. Isotop yang paling melimpah adalah K-39, yang menyumbang 93,3%.
17. Massa atom kalium adalah 39,098. Logam kalium memiliki kerapatan 0,89 gram per sentimeter kubik. 
18. Titik leleh kalium adalah 63,4 °C atau 336,5 K dan titik didihnya adalah 765,6 °C atau 1038,7 K.


SUMBER RUJUKAN
# Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 2016. “potassium element facts”. (www.thoughtco.com/potassium-element-facts-606470) diakses pada Minggu, 06 Agustus 2017.
## Wikipedia.com. dengan judul artikel “Kalium”. Diakses pada Rabu, 04 Oktober 2017. 


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *