10 Fakta Tentang Hiu Paus (Whale Sharks)


Gambar Hiu Paus dan Seorang fotografer (Sumber gambar: www.cebutours.ph/package/scuba-diving-with-the-whale-sharks/)

WANIBESAKc - Hiu paus mungkin bukan spesies pertama yang terlintas dalam pikiran saat Anda memikirkan ikan hiu. Mereka sangat besar, anggun, dan berwarna indah. Mereka bukan pemangsa yang rakus tetapi mereka memakan beberapa makhluk yang sangat kecil di lautan.
Hiu paus bukanlah paus, tetapi satu kerabat dengan hiu. Walaupun demikian hiu paus memiliki banyak kesamaan dengan paus. Salah satu kesamaannya adalah mereka sangat besar seperti paus.
Sebelum kita membaca berbagai informasi menarik tentang ikan yang keren ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih Klasifikasi hiu paus menurut Sistem Informasi Taksonomi Terpadu berikut:
- Kerajaan : Animalia 
- Subkingdom : Bilateria 
- Infrakingdom : Deuterostomia 
- Filum : Chordata 
- Subfila : Vertebrata 
- Infraphylum : Gnathostomata 
- Superclass : Chondrichthyes 
- Kelas : Chondrichthyes 
- Subkelas : Elasmobranchii 
- Superorder : Euselachii 
- Order : Orectolobiformes 
- Keluarga : Rhincodontidae 
- Genus : Rhincodon 
- Spesies : Rhincodon typus


Berikut adalah beberapa fakta, mungkin “sedikit”, menyenangkan dan menyedihkan tentang hiu paus.

01. HIU PAUS ADALAH IKAN TERBESAR DI DUNIA
Hiu paus atau whale sharks yang memiliki nama Latin Rhincodon typus merupakan ikan yang mengagumkan. Namanya saja sudah unik, karena mengandung dua kata yang merujuk pada dua jenis ikan yang berbeda yakni “Hiu” dan “Paus”.
Salah satu fakta yang paling menonjol tentang hiu paus adalah merupakan ikan terbesar di dunia. Dengan panjang maksimum sekitar 65 kaki dan berat £75.000. Seekor ikan hiu paus ukurannya menjadi saingan seekor paus besar.

02. HIU PAUS MEMAKAN MAKHLUK TERKECIL DI SAMUDRA DAN TERMASUK HEWAN YANG SOLITER
Hiu paus tidak pernah menyerang dan merobek mangsa mereka seperti kebanyakan kerabat mereka lainnya. Di saat kerabat mereka  yang lainnya adalah karnivora (pemakan daging), hiu paus adalah pengumpan filter (ikan penyaring). 
Meski badannya sangat besar, hiu paus makan plankton kecil, ikan kecil, dan krustasea. Mereka makan dengan cara menelan air dan memaksa air keluar melalui insangnya. Prey yang masuk bersama air akan terjebak dalam denticles dermal dan struktur seperti rake yang disebut pharynx. Makhluk menakjubkan ini mampu menyaring lebih dari 1.500 galon air per jam.
Hiu paus diketahui sebagai makhluk soliter. Mereka tidak menghindar dari berbagi tempat makan dengan hiu paus lainnya. Selain itu, Hiu paus mampu menyelam hingga kedalaman 1.286 meter.
Sebagai pemakan plankton, yang memperoleh mangsanya dengan menyaring air laut, hiu paus memiliki mulut yang berukuran besar. Ukuran mulut hiu paus bisa mencapai 15 meter (49,2 ft) yang berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 deret gigi yang ukurannya kecil-kecil. Ikan ini juga memiliki lima pasang insang berukuran besar.

03. HIU PAUS ADALAH IKAN CARTILAGINOUS
Hiu paus merupakan jenis ikan kartilago. Istilah "ikan kartilaginous" berarti bahwa struktur tubuh ikan tersebut terbentuk dari tulang rawan, bukan tulang keras atau tulang sejati. Berbeda dengan sirip ikan bertulang, sirip ikan cartilaginous tidak bisa berubah bentuk atau dilipat di samping tubuh mereka.
Karena tulang rawan mudah hancur, maka sebagian besar apa yang kita ketahui tentang hiu berasal dari fosil gigi, bukan dari fosil tulang.

04. HIU PAUS BETINA LEBIH BESAR DARI PADA HIU PAUS JANTAN
Hiu paus betina biasanya lebih besar dibanding jantan. Hal ini berlaku untuk sebagian besar hiu lainnya, dan untuk paus baleen, jenis hewan lain yang besar tapi memakan organisme kecil.
Bagaimana seseorang bisa membedakan hiu paus jantan dan betina? 
Seperti spesies hiu lainnya, hiu paus jantan memiliki sepasang pelengkap yang disebut claspers yang digunakan untuk menangkap betina dan mentransfer sperma saat kawin. Hiu paus betina tidak memiliki claspers.

05. HIU PAUS DITEMUKAN DI PERAIRAN HANGAT DI SELURUH DUNIA
Hiu paus adalah spesies yang tersebar luas. Mereka dapat ditemukan di perairan yang lebih hangat di beberapa tempat seperti samudera Atlantik, Pasifik, dan India.
Meskipun mereka hidup di perairan hangat di seluruh dunia, para periset biasanya hanya bisa mempelajari di perairan pesisir tempat sekelompok remaja remaja menyusui. Sebagian besar kehidupan hiu paus tampaknya terjadi di laut terbuka, di mana mereka sulit diamati, meninggalkan potongan-potongan misteri di kehidupan mereka. Misalnya, tidak ada yang pernah melihat hiu paus berpasangan.

06. HIU PAUS BISA DIKAJI DENGAN MENGIDENTIFIKASI INDIVIDU
Hiu paus memiliki pola warna yang indah, dengan warna abu-abu kebiruan sampai ke punggung coklat, dan bagian bawah putih. Warna seperti bisa digunakan untuk melakukan kamuflase.
Mereka juga memiliki striping vertikal dan horizontal kecil di sisi dan punggung mereka, dengan bintik-bintik putih atau berwarna krem. Ini juga bisa digunakan untuk kamuflase.
Setiap hiu paus memiliki pola bintik dan garis yang unik, yang memungkinkan para periset untuk menggunakan hal ini ketika mengidentifikasi foto untuk mempelajarinya. Dengan mengambil foto hiu paus, para ilmuwan dapat mengelompokkan individu berdasarkan pola mereka dan mencocokkan penampakan hiu paus berikutnya ke katalog.

07. HIU PAUS SUKA BERMIGRASI
Pergerakan hiu paus kurang dipahami sampai perkembangan teknologi penandaan memungkinkan ilmuwan menandai ikan hiu paus dan mengamati proses migrasi mereka. Seekor hiu paus mampu melakukan migrasi ribuan mil jauhnya.
Berdasarkan beberapa penelitian dari para ahli ditemukan bahwa, satu hiu paus yang ditandai mampu menempuh jarak 8.000 mil selama 37 bulan.
Meksiko tampaknya menjadi tempat yang populer bagi hiu paus. Hal ini dibuktikan pada tahun 2009, sebuah "swarm" lebih dari 400 hiu paus terlihat di lepas pantai Semenanjung Yucatan di Meksiko.

08. KITA BISA BERENANG DENGAN HIU PAUS
Terlepas dari ukurannya yang bagaikan raksasa, hiu paus telah diketahui tidak berbahaya bagi manusia. Meski bertubuh besar, hiu paus menjadi hewan laut yang jinak dan kadang-kadang membiarkan para penyelam menungganginya, walaupun tindakan ini tidak dibenarkan oleh para peneliti hiu dan konservasionis.
Karena sifatnya yang lembut, kunjungan yang melibatkan berenang, snorkeling, dan menyelam dengan hiu paus telah berkembang di beberapa daerah seperti di Meksiko, Australia, Honduras, dan Filipina.

09. HIU PAUS BISA HIDUP LEBIH DARI 100 TAHUN
Hiu paus bersifat ovovivipir. Artinya hiu paus betina bertelur, tetapi anaknya tumbuh di dalam tubuh induknya. Anak hiu paus panjangnya sekitar 2 kaki saat lahir. Para ilmuwan tidak yakin berapa lama hiu paus hidup, namun berdasarkan ukurannya yang besar dan umur mereka pada saat reproduksi pertama (sekitar 30 tahun untuk hiu jantan) diperkirakan hiu paus dapat hidup paling sedikit 100-150 tahun.

10. POPULASI HIU PAUS RENTAN DAN TERANCAM PUNAH
Hiu paus terdaftar sebagai populasi rentan pada Daftar Merah IUCN. Hingga saat ini mereka masih diburu di beberapa negara. Hal ini disebabkan sirip hiu paus sangat berharga dalam perdagangan sirip hiu. Karena mereka lambat tumbuh dan bereproduksi, populasi hiu paus  tidak mungkin cepat pulih.

SUMBER RUJUKAN
www.thoughtco.com dengan judul artikel “10 Facts About Whale Sharks”. (www.thoughtco.com/facts-about-whale-sharks-2291601) diakses pada Sabtu, 15 Juli 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *