13 Fakta Unsur Helium


Gambar pijaran gas Helium ketika dijadikan sebagai lampu (Sumber gambar www.wikipedia.com)


Helium adalah unsur kimia kedua dalam tabel periodik unsur, yang memiliki nomor atom 2 dan simbol He. Helium adalah gas mulia yang paling ringan. 
Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang unsur helium.

1. Nomor atom helium adalah 2, yang berarti setiap atom helium memiliki dua proton.

2. Isotop unsur yang paling melimpah memiliki 2 neutron. Ini sangat menguntungkan bagi setiap atom helium untuk memiliki 2 elektron dan memberinya kulit elektron yang stabil.

3. Bukti keberadaan helium berasal dari pengamatan garis-garis spektrum kuning dari matahari. Oleh sebab itu, nama untuk unsur ini diambil dari nama dewa matahari Yunani, Helios.

4. Helium memiliki titik lebur dan titik didih terendah dari semua unsur, sehingga hanya ada sebagai gas, kecuali dalam kondisi ekstrim.

5. Helium adalah unsur paling ringan ke-2 dari semua unsur yang ada di jagad raya ini. Unsur paling ringan yang menempati urutan pertama adalah hidrogen. Meskipun hidrogen biasanya ditemukan sebagai gas diatomik (H2), yang terdiri dari dua atom yang terikat bersama, satu atom helium memiliki nilai kerapatan yang lebih tinggi.
Hal ini disebabkan isotop hidrogen yang paling umum memiliki satu proton dan tidak ada neutron, sementara masing-masing atom helium biasanya memiliki 2 neutron dan juga 2 proton.

6. Atom helium cukup ringan untuk melepaskan diri dari gravitasi bumi dan terbang keluar melalui atmosfer. Beberapa ilmuwan khawatir suatu saat nanti kita akan kehabisan helium atau setidaknya sangat mahal untuk diisolasi.

7. Helium tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak beracun, dan lembab. 

8. Helium dianggap sebagai gas nyata yang paling mendekati perilaku gas ideal.

9. Helium bersifat monoatomik dalam kondisi standar. Dengan kata lain, helium ditemukan sebagai atom tunggal dari unsur tersebut.

10. Dari semua unsur, helium paling tidak reaktif, sehingga tidak membentuk senyawa dengan semua unsur dalam kondisi biasa. Untuk berikatan dengan unsur lain, perlu diionisasi atau ditekan. Di bawah tekanan tinggi, disodium helide (HeNa2), kristal silikat (SiO2He), arenolit dihelium (AsO6•2He), dan NeHe2 mungkin bisa terbentuk.

11. Sebagian besar helium diperoleh dengan cara mengeluarkannya dari gas alam. Penggunaannya termasuk balon pesta helium, sebagai atmosfir inert pelindung untuk penyimpanan dan reaksi kimia, dan untuk mendinginkan magnet superkonduktor pada spektrometer NMR dan mesin MRI.

12. Menghirup helium akan mengubah suara seseorang. Meski banyak orang mengira menghirup helium membuat suaranya terdengar lebih tinggi, namun hal itu sebenarnya tidak mengubah nada.
Meskipun helium tidak beracun, menghirup gas helium dalam waktu lama bisa mengakibatkan sesak napas karena kekurangan oksigen.

13. Neon juga digunakan pada penangkal petir. Penangkal petir adalah alat yang digunakan pada sistem tenaga listrik dan sistem telekomunikasi untuk melindungi insulasi dan konduktor sistem dari efek petir yang merusak. Arester petir khas memiliki terminal tegangan tinggi dan terminal ground. 

SUMBER RUJUKAN
www.thoughtco.com dengan judul artikel “helium element facts” (https://www.thoughtco.com/helium-element-facts-606473) diakses pada Jumat, 01 September 2017.
(https://en.m.wikipedia.org/wiki/Lightning_arrester).


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *