Beruang: Fakta dan Informasi Menarik Lainnya

Gambar seekor beruang coklat atau kodiak yang sedang menatap ke arah kamera karena dia tahu bahwa dirinya akan dipotret fotografer sehingga beliau memerlukan style yang keren (Sumber gambat Wikipedia.org)


#
WANIBESAKc - Terdapat 8 (delapan) jenis beruang yang berbeda, yakni:
1. Asiatic
2. Black
3. Brown
4. Polar
5. Panda
6. Sloth
7. Spectacled dan
8. Sun

Selain itu, beberapa spesies beruang tersebut memiliki beberapa sub-spesies. Misalnya, sub-spesies beruang Brown (coklat) adalah beruang Grizzly dan beruang Kodiak.
Dari semua jenis beruang yang ada, sebagian besar spesies beruang hidup sampai usia sekitar 25 tahun.

##
Sebagian besar orang sering menganggap beruang sebagai makhluk berwarna coklat, hitam atau putih yang besar dan ganas.
Beruang lebih dari itu. Mereka pasti besar, dan ya, mereka sangat kuat. Mereka bisa menakutkan, tapi kebanyakan dari mereka hanya akan menjadi agresif saat terancam atau saat bayinya terancam dan bahkan banyak spesies beruang belum pernah menyerang manusia.

# # #
Beruang digolongkan sebagai omnivora dan mamalia yang besar dan kuat. 
Omnivora adalah istilah yang diberikan pada hewan yang memakan daging dan tumbuhan. Jadi beruang bisa makan daging, bisa juga makan tumbuh-tumbuhan.
Beruang termasuk dalam kelas mamalia, karena tubuhnya tertutup rambut, memiliki tulang belakang, berdarah panas dan memberikan susu kepada bayinya setelah lahir.

# # # #
Saat beruang melakukan 'hibernate' atau hibernasi maka ia benar-benar dalam keadaan tidur nyenyak. Suhu tubuh turun tapi tidak drastis dan tidak terbangun. Bahkan saat melakukan hibernasi beruang tidak pergi ke "kamar mandi" ataupun mendapatkan makanan. Satu-satunya pengecualian adalah beruang betina. Seekor induk beruang akan terbangun pada bulan Januari atau Februari untuk melahirkan anak-anaknya.

Beruang tidur begitu lama karena pada musim dingin makanan sangat langka. Beruang yang hidup di daerah utara yang dingin, akan tertidur di sarang mereka sampai musim dingin berlalu. Dalam beberapa kasus selama tujuh bulan. Begitu musim semi tiba, beruang (dan mungkin beberapa anak) akan muncul dari ruang persembunyian dan biasanya memiliki nafsu makan yang besar.
Beruang tertidur sangat lama karena mereka selalu mendengarkan nasihat dari para tetua beruang yang menyatakan "jika di musim dingin Anda tidak bisa makan maka sebaiknya Anda tertidur pulas"

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua spesies beruang melakukan hibernate. Beberapa beruang, seperti Beruang Asia, hidup di daerah beriklim hangat dan makanan tersedia sepanjang tahun sehingga mereka tidak perlu melakukan hibernasi.

# # # # #
Beruang adalah omnivora seperti manusia, sapi, babi, kelelawar, ikan paus, dan kambing. Karena pemakan daging beruang biasanya akan memburu binatang-binatang kecil seperti rusa (terutama yang masih remaja atau bayi), karibu, dan beberapa hewan kecil lainnya. 

Walaupun demikian beruang juga menyukai sisa-sisa makanan dan bangkai (carrion). Carrion adalah daging binatang yang membusuk yang terbunuh dan ditinggalkan oleh predator lain atau binatang yang mati karena sebab-sebab alami.

Khusus untuk beruang yang melakukan hibernate, binatang besar yang mati selama musim dingin dan diawetkan oleh dinginnya es, menjadi sumber makanan yang sangat penting. Beruang menjadi sangat lapar setelah tertidur nyenyak dan makanan cepat saji seperti ini adalah berkah yang patut disyukuri. 

Karena menyukai sisa-sisa makanan, beruang akan berjalan mencari tong sampah dan sering terlihat di tempat pembuangan sampah dan tempat perkemahan. Serangga, kacang-kacangan, buah beri, getah, cabang dan akar adalah bagian besar dari makanan beruang. Beruang yang tinggal di dekat sungai bisa menangkap ikan, contohnya ikan salmon.
Beruang yang makan ikan cenderung tumbuh jauh lebih besar daripada spesies beruang lainnya karena perlakuan istimewa dan kelezatan makanannya ini.



Gambar berUANG beruntung yang sedang makan ikan segar (sumber gambar nature.disney.com)



# # # # # #
Beruang yang bersiap-siap untuk melakukan hibernasi akan makan dua kali lipat jumlah makanan yang mereka butuhkan. Jika beruang betina tidak cukup gemuk, dia tidak akan bisa melahirkan anaknya.
Bayi beruang mengandalkan susu ibu mereka untuk tahun pertama kehidupan mereka dan bahkan lebih lama untuk beberapa spesies.

# # # # # # #
Indera beruang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Beruang memiliki indra penciuman, penglihatan, dan pendengaran yang luar biasa.

Seekor beruang bisa mencium bau makanan, anaknya, pasangan, atau bahaya yang akan datang dari jarak jauh. Mereka juga mengandalkan indera penciuman lainnya saat mereka menandai wilayah mereka dengan air seni dan kotoran.
Indera penglihatan yang luar biasa dari beruang membantu mereka mengidentifikasi buah dan kacang yang telah matang.
Beruang juga menggunakan pendengarannya yang tajam untuk memperhatikan dan melacak hewan kecil (makanan) yang berlarian di bawah daun dan alang-alang.

# # # # # # # #
Beruang betina yang siap untuk kawin biasanya memiliki umur atau usia antara 3 dan 8 tahun, tetapi hal itu tergantung pada kesehatan dan berat badannya. Beruang betina yang berat badanya kurang atau kurus tidak akan bisa melahirkan. 
Selain itu, beruang biasanya tinggal sendiri, kemudian berkumpul di musim semi untuk mencari jodoh. Istilah kerennya 'kumpul kebo' atau 'kumpul kerbau'.

Menemukan pasangan bagi beruang jantan bisa sangat sulit. Sepanjang tahun, beruang jantan bisa menjadi pengganggu. Hal ini disebabkan beruang jantan lebih besar dari beruang betina sehingga mereka telah diketahui membunuh beruang betina ketika berebut makanan.

Setelah terjadi proses kawin, tiga sampai sembilan bulan kemudian, tergantung spesies beruang, anaknya akan lahir. Untuk beruang yang hidup di iklim yang lebih dingin, beruang betina akan melahirkan saat hibernasi. 
Beruang betina yang telah melahirkan akan merawat bayinya dengan telaten sehingga tetap hangat saat mereka tumbuh menjadi dewasa.

Anak beruang yang baru lahir tak berdaya. Mereka tidak bisa melihat, mendengar dan tidak memiliki gigi. Ukuran bayi beruang kecil nampak seperti anak kucing, dan memiliki berat sekitar 454 g (1 pon) atau kurang.

#########
Ketika hibernasi telah berakhir, anak beruang telah tumbuh lebih besar dan sangat enerjik sehingga mereka sangat suka bermain. 
Bermain pertarungan sangat penting bagi anak-anak beruang karena hal ini mengajarkan mereka untuk melindungi diri mereka sendiri dan membantu mereka menjadi lebih kuat. 
Namun jika permainan mereka terlalu kasar, maka induk beruang biasanya akan mendisiplinkan anak-anak dengan cara memukul mereka menggunakan cakarnya.

Menjadi anak tidak selamanya menyenangkan dan hanya tahu bermain. Tetapi mereka diharuskan untuk mengikuti ibu mereka dan belajar mencari makanan dan berburu. Hal ini seperti sekolah yang akan membentuk mereka menjadi pribadi yang kuat agar mereka bisa bertahan dengan sendirinya dikemudian hari.

Anak-anak beruang biasanya akan tinggal bersama ibu mereka sampai usia antara 1½ atau 2 tahun. Ibu beruang akan melepaskan mereka sendiri sebelum dia menginginkan kawin lagi. Saudara-saudari kandung yang telah ditinggalkan ibu mereka, mungkin akan tinggal bersama selama satu tahun untuk perlindungan.

#########
Tidak seperti kebanyakan hewan. Beruang bisa berjalan tegak seperti manusia. Dari kejauhan mungkin hal ini terlihat sangat keren, tetapi mungkin sedikit menakutkan untuk melihat beruang yang sangat besar berdiri di depan Anda.

Kaki Beruang lebar dan rata dengan cakarnya yang panjang dan tajam. Cakar di kaki depan lebih panjang dari pada punggung, karena cakar ini berguna untuk memanjat pohon. Dua spesies yang memiliki kaki khusus adalah beruang kutub dan panda raksasa. 

Beruang kutub memiliki jari kaki yang sebagian berselaput. Selaput ini berfungsi untuk berenang dan berjalan di atas salju (seperti sepatu salju). Selain itu pantat atau bokong beruang kutub berbulu agar tetap hangat ketika duduk di atas es. Panda raksasa tidak memiliki bantalan tumit sehingga mereka lebih banyak berjalan menggunakan jari kaki mereka.

###########
Beruang yang besar bisa sangat menakutkan sehingga mereka tidak memiliki banyak musuh. Musuh terbesar mereka adalah manusia dan satu sama lain.

Anak-anak beruang dan betina yang badannya kecil biasanya selalu waspada. Hewan lain, termasuk beruang jantan yang lebih tua, akan mempertimbangkan untuk menyerang seekor anak beruang jika induknya tidak berada di tempat.
Bahkan beruang betina terkadang dibunuh oleh beruang jantan yang lebih besar ketika berebut makanan. Hal inilah yang membuat beruang betina bisa sangat gugup saat tiba musim kawin.

Saat mempertahankan diri, beruang akan membuat diri mereka terlihat lebih besar dengan cara menepuk bulu mereka dan berdiri menggunakan kaki belakang mereka. Saat marah mereka akan menggeram, menumbuk kaki mereka ke tanah dan membebankan pada apapun yang mengganggu mereka. 
Walaupun demikian mungkin saja mereka tidak menyerang. Khusus beruang betina bisa sangat melindungi anak-anak mereka dan akan menyerang jika perlu.

Pemangsa utama semua spesies beruang yang perlu dikhawatirkan adalah manusia. Di banyak belahan dunia, beruang diburu untuk diambil organ tertentu, seperti kantung empedu yang digunakan dalam obat tradisional. Beberapa lagi diburu untuk diambil bulu mereka yang indah, dan beberapanya lagi diburu hanya karena orang tersebut ingin berolahraga.




SUMBER RUJUKAN
(kidzone.ws) diakses pada Sabtu, 07 Oktober 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *