Berapa Lama Waktu yang diperlukan untuk Mencapai Bulan?

Gambar pendaratan manusia pertama di bulan. Misi ini merupakan misi pertama yang sukses mendaratkan manusia di bulan sekaligus menjadi misi tercepat ke bulan selama ini (pergi-pulang).



Begitu banyak dari kita yang benar-benar terpesona dengan sains-fiksi sejak lahir dan banyak dari kita mungkin telah memperoleh keingintahuan untuk mengetahui rahasia ruang angkasa dengan menonton film berdasarkan implikasi sains-fiksi yang luar biasa itu.
Apa sebenarnya yang kita minati? Apakah hanya tentang luar angkasa? Atau tentang makluk luar angkasa (alien) atau mungkin cara untuk mencapai bintang dan bulan?
Kemungkinan dan kemungkinannya tidak terbatas. Namun sebenarnya hal yang paling penting adalah menemukan apakah terdapat kebenaran dalam semua gagasan sains-fiksi yang kita saksikan di atas layar TV tersebut atau tidak?
Sungguh menakjubkan bahwa manusia telah menciptakan teknologi supersonik, sehingga manusia dapat mencapai planet yang jaraknya jutaan bahkan mencapai miliaran mil jauhnya dalam sekejap. Dan faktanya tidak dapat diabaikan bahwa beberapa petunjuk yang berkaitan dengan ruang luar angkasa telah disaksikan oleh banyak orang selama beberapa tahun terakhir melalui layar televisi (TV).
Apa yang selama ini kita saksikan, benarkah seperti yang terlihat? Atau semua itu hanya beberapa halusinasi si pembuat di bawah pengaruh obat-obat tertentu? Atau jangan-jangan semua yang kita lihat di layar televisi hanyalah khayalan dari orang-orang yang membuatnya??
Jawaban yang bisa kita peroleh saat ini adalah kita tak pernah tahu. Namun banyak orang percaya bahwa semua itu nyata dan atau berdasarkan fakta sains.

BEBERAPA MISI KE BULAN
Satu-satunya satelit alami Bumi adalah bulan yang jaraknya sekitar 380.000 km. Jadi jika dihitung, maka jarak yang ditempuh oleh manusia dari bumi ke bulan dan bulan ke bumi sebesar 760.000 km. Walaupun teramat sangat jauh, namun manusia dengan bantuan mesin supersonik telah melakukan putaran ke bulan dalam beberapa kesempatan.
Pertanyaan yang sering muncul di benak kita adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai bulan jika dihitung dari mulai peluncuran hingga mendarat di bulan??
Jawaban untuk pertanyaan ini adalah tergantung pada pesawat dan jenis bahan bakar yanv digunakan.
Hingga saat ini, diklaim telah banyak misi ke bulan telah diluncurkan dan semuanya memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mencapai orbit bulan dan atau permukaan bulan.
Berdasarkan laporan yang dirilis ditemukan bahwa beberapa misi melakukan perjalanan lebih dari waktu yang diperkirakan, sedangkan yang lainnya lagi sangat cepat.
Probe lunar SMART-1 ESA diluncurkan pada tanggal 27 September 2003 dengan memanfaatkan mesin ion revolusioner untuk mendorongnya ke Bulan. 
SMART-1 perlahan-lahan terbang secara spiral keluar dari Bumi dan mencapai tujuannya pada tanggal 11 November 2004. Jika dihitung dari mulai diluncurkan sampai pada tujuannya, misinya memakan waktu 1 tahun, 1 bulan, dan 2 minggu.
Proyek ini mungkin sangat lamban namun titik plusnya adalah bahan bakar yang digunakan sangat efisien karena hanya menggunakan 82 kilogram propelan xenon disaat misi ini berakhir pada tahun 2006.
Kemudian Chang'e 3 probe dan lander diluncurkan pada tanggal 1 Desember 2013 dan memasuki orbit bulan pada tanggal 6 Desember 2016. Oleh karena itu, ini adalah misi Chang'e tercepat yang mengambil total 4 hari, 12 jam, dan 23 menit untuk sampai ke Bulan.
Misi Apollo 11 adalah satu-satunya misi lunar berawak, yang sangat cepat dan sukses mencapai Bulan. Neil Armstrong dan Buzz Edwin Aldrin adalah orang pertama yang berjalan di permukaan bulan. Oleh sebab itu, tidak berlebihan jika misi Apollo 11 menjadi misi terbesar dan terheboh sepanjang sejarah umat manusia hingga saat ini. Misi bersejarah ini diluncurkan pada tanggal 16 Juli 1969. 
Namun yang membuat semua orang heran dan terkagum-kagum adalah Apollo 11 mencapai orbit bulan hanya dalam waktu 51 jam dan 49 menit, dan akhirnya mendarat di bulan pada tanggal 19 Juli 1969.
Oleh sebab itu, misi Apollo 11 bisa dikatakan sebagai perjalanan tercepat ke bulan yang  melibatkan astronot secara langsung. 
Sedangkan perjalanan kembali dari bulan ke bumi, Apollo 11 membutuhkan waktu tiga hari (sekitar). Jadi total misi Apollo 11 selesai dalam waktu 109 jam, 4 menit.
Setelah misi Apollo 11 berhasil, NASA kembali mengirimkan misi Apollo 12, 14, 15, 16, dan 17. Misi Apollo 17 adalah misi terakhir pendaratan manusia di bulan.
Misi tercepat melewati bulan (tanpa awak) adalah misi New Horizons milik NASA yang diterbangkan menuju planet Pluto. Pesawat antariksa New Horizons ini merupakan pesawat tercepat yang bisa terbang melewati Bulan  hanya dalam waktu waktu 8 jam 35 menit. Hal ini wajar karena kecepatan pesawat ini diklaim sebesar 58.000 km/jam.
Namun harus diingat bahwa pesawat ini bukan menuju bulan, tetapi menuju planet Pluto. Oleh sebab itu, kecepatannya tidak melambat saat mendekati ataupun memasuki orbit bulan.
Konsep membuat perjalanan ke bulan dari bumi agar menjadi sesingkat-singkatnya mungkin muncul saat ide pariwisata antariksa dipopulerkan. 
Dikatakan bahwa tur keliling antariksa akan dimungkinkan melalui hotel-hotel di luar angkasa yang akan berfungsi sebagai pemberhentian.
Pariwisata ini akan jauh berbeda dari semua wisata lainnya yang pernah ada saat ini, karena para wisatawan bisa merasakan yang namanya keajaiban ruang angkasa. 
Tur super cepat ini juga bisa dijadwalkan untuk orang-orang yang lebih memilih melakukan petualang untuk mengalami keajaiban ruang angkasa dalam waktu satu atau dua hari.
Apakah anda tertarik ingin mencoba??

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *