Berapa Lama Waktu Diperlukan Untuk Mencapai Mars?

Gambar ilustrasi planet mars. Perlu diperhatikan bahwa foto/gambar ini hanyalah hasil olahan menggunakan komputer.  (Sumber gambar NASA)


WANIBESAKc - Planet Mars adalah salah satu benda langit paling cerah di langit malam, mudah terlihat tanpa menggunakan instrumen khusus dan tampak seperti bintang merah terang. Karena jelas terlihat dengan mata telanjang, jadi muncul pertanyaan bahwa berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke mars?
Jawaban untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan dari bumi sampai ke Mars adalah antara 150-300 hari dengan mengandalkan laju peluncuran roket dan posisi Bumi dan Mars.
Titik terdekat antara Bumi dan Mars dikenal sebagai "oposisi", terjadi setiap 2 tahun. Pada saat itu, jarak antara kedua planet ini adalah yang paling dekat sekitar 55 juta kilometer. Oleh sebab itu, badan antariksa (NASA) memanfaatkan kesempatan untuk meluncurkan proyek mereka untuk menjelajahi dan mempelajari planet mars.
Waktu perjalanan yang ditempuh untuk mencapai mars tergantung pada kualitas teknologi yang dimanfaatkan untuk misi, jarak antara kedua planet, dan jumlah sumber daya yang tersedia untuk membantu misi.
Sepanjang sejarah terdapat beberapa misi yang berhasil sampai ke planet mars. Mariner 4 NASA adalah pesawat ruang angkasa pertama yang melakukan perjalanan dengan sukses dari Bumi ke mars. Misi yang diluncurkan pada tanggal 28 November 1964, terbang selama 228 hari dan mencapai tujuannya pada tanggal 14 Juli 1965.
Selanjutnya yang berada dalam antrian kesuksesannya adalah Mariner 6. Misi ini diluncurkan pada tanggal 25 Februari 1969. Banyak upgradation dibuat dalam teknologinya; Oleh karena itu, ini adalah versi improvisasi dari pesawat ruang angkasa sebelumnya. Oleh karena itu butuh 131 hari untuk mencapai mars dan mendarat pada tanggal 31 Juli 1969.
Dengan melihat lamanya perjalanan tersebut tentu membuat kita sadar bahwa perjalanan ini akan sangat membosankan. Bagaimana tidak, selama berhari-hari kita berada dalam sebuah ruang sempit dengan pemandangan luar yang sangat aneh (mungkin menakjubkan).
Bagi para astronot untuk menjalankan misi tertentu memang harus menempuh perjalanan selama ratusan hari penuh. Namun hal ini ternyata menimbulkan banyak masalah lainnya. Selain itu, juga tidak mudah bagi agensi untuk cukup sabar menunggu ratusan hari dan mengawasi setiap aktivitas yang terjadi dalam pesawat maupun luar angkasa dan juga planet tujuan. Oleh karena itu beberapa alternatif digunakan untuk meningkatkan kecepatan yang akan mengurangi waktu untuk mencapai planet tujuan.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan adalah jenis dan jumlah bakar yang dibutuhkan untuk mencapai planet tujuan. Berikut akan dijabarkan beberapa bahan bakar yang sering digunakan.

# Nuklir
Dalam cairan roket seperti hidrogen dibakar di reaktor nuklir pada suhu yang sangat tinggi, setelah itu nosel roket akan meledak dengan kecepatan tinggi sehingga akan menciptakan daya dorong. Bahan bakar nuklir sangat energik dibanding bahan bakar tradisional dan kira-kira sekitar 7 bulan untuk sampai ke mars.

# Magnetik
Dalam media seperti ini, thruster elektromagnetik yang terlibat menggunakan gelombang radio untuk memanaskan dan mengionisasi propelan. 
Gas terionisasi yang disebut plasma dapat secara magnetis menarik keluar bagian belakang pesawat ruang angkasa dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ini bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Mars sekitar 5 bulan. Dalam misi ke Mars, roket seperti itu bisa memotong waktu tempuh hingga 5 bulan.

# Antimateri 
Apakah itu biaya atau kepadatan atau kegunaannya, roket antimateri dapat menjadi langkah paling ekstrem yang diambil untuk menjangkau mars dari bumi. Ini dianggap sebagai bahan bakar terpadat yang mungkin bisa digunakan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Mars jika bahan bakarnya adalah Antimateri? 
Sebuah perjalanan ke mars dapat dipotong pendek sampai 45 hari hanya dengan 10 miligram antimateri yang dimanfaatkan. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk memproduksi jumlah antimateri yang sangat kecil akan menghabiskan biaya sekitar $ 250 juta.
Inilah saatnya, ketika seseorang bertanya kepada Anda bahwa berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke mars? Anda dapat dengan mudah memberikan jawaban terbaik beserta berbagai bahan bakar yang dapat dimanfaatkan untuk membuat perjalanan menjadi lebih pendek.



Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *