Berapa Lama Kokain Berada Dalam Sistem Tubuh Anda?

kokain
Sumber Gambar: sammisreachers di Pixabay

Pernahkah anda mendengar zat yang namanya kokain atau kokaina? Atau pernahkah Anda menggunakan kokain? Apakah Anda tahu berapa lama kokain tinggal di dalam sistem tubuh seperti di darah, rambut, dan urin?

Kokain adalah obat alami yang diperoleh dari daun tanaman Erythroxylum coca. Walaupun di isolasi dari alam, kokain tetap dinyatakan ilegal. Hal ini disebabkan kokain dapat memberi sensasi "tinggi" yang pada akhirnya membuat orang tersebut ketagihan karena kokain merupakan perangsang psikologi yang kuat.

Seseorang yang sering menggunakan kokain biasanya akan menunjukan sikap yang tidak biasa. Bahkan nampak aneh bagi orang-orang yang tidak menggunakan kokain. 

Beberapa hal yang sering di alami oleh pemakai adalah paranoid, lelah, halusinasi, cemas, panik, mudah marah, dan suka melakukan kekerasan.

Kokain yang paling alami dan paling murni berupa bubuk putih. Walaupun demikian, teknik penggunaan kokain bisa bervariasi antara seseorang dengan orang lain. Kokain bisa digunakan dengan cara:

1. ditelan atau digosokkan ke gusi.

2. dihirup atau disedot menggunakan hidung.

3. diinjeksi menggunakan jarum suntik ke pembuluh darah.

Kokain mampu menyebabkan perasaan euforia, sehingga seorang pengguna tampak gembira tanpa alasan yang jelas. Jadi jangan heran jika pengguna kokain sering tertawa sendiri-sendiri.

Efek kokain setelah digunakan biasanya hanya berlangsung sekitar 30 menit hingga 2 jam. Walaupun demikian, keberadaannya di tubuh bisa bervariasi. Tergantung dosis atau jumlah yang dikonsumsi. Jika menggunakan dalam jumlah banyak maka keberadaannya di tubuh bisa sangat lama.

Bagi pengguna baru, keberadaan kokain di dalam tubuh kurang lebih hanya 12 jam jika digunakan dalam jumlah kecil . Namun jika dosis yang digunakan lebih tinggi maka dapat memakan waktu hingga 3 hari agar benar-benar tersingkir dari tubuh. Kokain bisa menghabiskan lebih banyak waktu di dalam tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol.

Lamanya keberadaan kokain dalam tubuh tergantung juga pada teknik pemakaiannya. Bagi mereka yang mengkonsumsi kokain melalui suntikan atau injeksi menggunakan jarum, metabolit kokain bisa hadir selama sekitar 2 hari. Bagi mereka yang mengkonsumsi dalam bentuk rokok dan mendengus, bisa menunjukkan gejala yang akan berlangsung sekitar satu minggu.

Metabolit kokain disebut Benzoylecgonine, terbentuk sebagai metabolisme kokain yang dilakukan di hati. Benzoylecgonine juga berperan sebagai elemen utama dalam melakukan tes narkoba. 

Teknik yang paling umum untuk menguji keberadaan kokain secara langsung adalah dengan menjalani tes urin. Selama beberapa jam awal setelah asupan kokain, urin seseorang bisa menunjukkan tingkat kokain rendah.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *