Berapa Banyak Kolesterol yang Harus Dimakan Agar Tetap Sehat?

(Heathly-Eating-Obesity-and-Food-Industry)


Dokter biasanya menyarankan agar kita mengkonsumsi tidak lebih dari 300 mg kolesterol diet per hari atau 200 mg jika Anda memiliki risiko penyakit jantung yang tinggi, namun pada tahun 2015 pedoman tersebut berubah.
Sekarang, tidak ada batasan khusus yang disarankan untuk jumlah kolesterol yang dikonsumsi seseorang dari makanan. Tetapi tetap penting untuk memperhatikan makanan yang dimakan agar kadar kolesterol tubuh kita tetap sehat.
Dokter sekarang biasanya merekomendasikan agar kita membatasi jumlah lemak jenuh berbahaya, lemak trans, dan gula tambahan. Juga memperhatikan jumlah kolesterol dalam makanan yang kita makan. Hal ini disebabkan makanan yang tinggi kolesterol juga cenderung memiliki lemak jenuh yang tinggi.
Perubahan pedoman tersebut karena penelitian menunjukkan bahwa kolesterol diet itu sendiri tidak berbahaya dan tidak berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol tubuh. 
Kolesterol adalah zat alami yang diproduksi di tubuh dan biasanya ditemukan pada makanan berbasis hewani. Ini adalah substansi berlemak yang bergerak melalui aliran darah seseorang. 
Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membantu membangun sel dan menghasilkan hormon tertentu. Di dalam tubuh, kita menghasilkan semua kolesterol yang dibutuhkan di hati dan usus dari lemak, gula, dan protein.
Tapi masalah timbul saat kita makan terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini menyebabkan hati menghasilkan terlalu banyak kolesterol jahat, yang nantinya akan menumpuk membentuk endapan sehingga terjadi penyumbatan arteri. 
Untuk alasan ini, para ahli umumnya merekomendasikan untuk menghindari lemak trans sama sekali dan membatasi lemak jenuh sampai 10 persen atau kurang dari total asupan kalori kita.
Bagi seseorang yang mengkonsumsi 2.000 kalori sehari, itu berarti 200 gram atau kurang lemak jenuh per hari. Studi juga menunjukkan bahwa dampak negatif yang diberikan pada gula mengandung kolesterol dan meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular

American Heart Association merekomendasikan tidak lebih dari 6 sendok teh atau 100 kalori gula tambahan untuk wanita, dan 9 sendok teh atau 150 kalori untuk pria.

APA PEDOMANNYA?
Panduan Diet 2015-2020 untuk Amerika menyajikan rekomendasi diet berikut untuk menjaga tingkat kolesterol tubuh agar tetap rendah:
Kolesterol biasanya ditemukan pada makanan berbasis hewani, diantaranya:
# daging
# produk susu
# Makanan laut (udang dikenal dengan kandungan kolesterol paling tinggi) 
# kuning telur (bukan putih)
# mentega

Kolesterol tidak ada dalam makanan seperti:
# buah-buahan 
# sayuran 
# biji-bijian

Makanan yang tinggi lemak jenuh dan harus dibatasi antara lain:
# daging sapi biasa (bukan ramping)
# makanan yang dipanggang, seperti kue dan kue kering 
# keju
# pizza
# es krim daging olahan, seperti sosis
# kentang goreng

Beberapa makanan yang mengandung lemak trans tidak sehat meliputi:
# gorengan
# makanan kemasan dengan "minyak terhidrogenasi" dalam daftar bahan makanan panggang, seperti kue, kue, dan kue kering
# margarin
# microwave
# popcorn

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang sehat meliputi:
# zaitun, kacang tanah, canola, safflower, dan minyak bunga matahari
# alpukat
# kacang-kacangan, terutama kenari.
# Sebagian besar biji, termasuk biji bunga matahari dan biji rami.

SUMBER RUJUKAN
Written by: Rena Goldman and Casey Hollis.
www.healthline.com. Dengan judul artikel "How Much Cholesterol Should I Be Having Each Day to be Healthy?". (https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/rda) diakses pada Jumat, 07 Oktober 2017.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *