Azurmalachite: Bahan Permata Biru dan Hijau yang terdiri dari Azurite dan Malachite

Gambar Cabochons Azurmalachite: Cabochons of azurmalachite yang menunjukkan pola bagus azurite (biru) dan perunggu (hijau). Mereka dipotong dari bahan yang diproduksi di Tambang Morenci di Arizona. (Sumber gambar geology.com)


Azurmalachite adalah bahan permata biru dan hijau yang terdiri dari dua mineral karbonat tembaga, azurite (Cu3(CO3)2(OH)2) dan malachite (Cu2(CO3)(OH)2). 
Nama "azurmalachite" diturunkan dengan menggabungkan nama kedua mineral. Bahannya juga dikenal sebagai "bluebird".
Azurmalachite bisa menjadi bahan yang sangat menarik yang menonjolkan pita, pola konsentris, dan bercak-bercak tak beraturan dalam pola warna hijau cerah dan biru. Pola warna ini merupakan salah satu pola yang paling menarik di seluruh pasar batu permata.
Azurmalachite terbentuk pada kedalaman dangkal di zona pengoksidasi di atas deposit tembaga. Sebagian besar azurmalachite yang dijual saat ini ditambang di barat daya Amerika Serikat, Prancis, atau Namibia.
Cabochons Azurmalachite: Cabochons of azurmalachite menunjukkan pola bagus azurite (biru) dan perunggu (hijau). Mereka dipotong dari bahan yang diproduksi di Tambang Morenci di Arizona.

SIFAT-SIFAT AZURMALACHITE
Azurmalachite relatif mudah dikenali dengan mengamati beberapa sifat sebagai berikut: 
# azurite dan malachite memiliki warna hijau dan biru yang spektakuler yang terlihat pada beberapa mineral lainnya;
# kedua mineral tersebut mengandung sejumlah tembaga yang signifikan, yang memberi mereka gravitasi spesifik (3,6 sampai 4,0) yang jauh lebih tinggi daripada rata-rata batuan;
# kedua mineral sangat lembut (3,5 sampai 4 pada skala kekerasan Moh );
# kedua mineral memiliki perpecahan sempurna dalam satu arah; Dan,
# kedua mineral tersebut bereaksi dengan kilau yang jelas dalam kontak dengan asam klorida encer.

PENGGUNAAN AZURMALACHITE
Azurmalachite sangat indah dan dengan demikian bisa digunakan untuk membuat perhiasan spektakuler dan barang hias kecil. Azurmalachite termasuk bahan yang lembut sehingga mudah tergores.
Untuk alasan ini, azurmalachite paling baik digunakan pada barang perhiasan, seperti anting, pin, dan liontin, dan barang-barang lainnya yang hanya akan menerima sedikit pengaruh atau abrasi. Perhiasan dan batu yang tidak dilapisi harus disimpan dalam kantong terpisah atau kompartemen terpisah untuk menghindari kerusakan akibat abrasi.
Sayangnya, azurmalachite tidak bisa menjadi batu cincin yang bagus. Hal ini disebabkan Azurmalachite akan segera menunjukkan lecet jika dipakai setiap hari. Untuk alasan yang sama, Azurmalachite adalah pilihan yang buruk untuk digunakan dalam gelang atau untuk membuat manik-manik.
Beberapa azurmalachite dirawat untuk meningkatkan daya tahannya. Bahannya berpori dan bisa diresapi dengan resin. Resin mengeras permukaan batu dan membuatnya kurang rentan tergores.
Lembaran tipis azurmalachite padat terkadang digunakan untuk menghasilkan "doublet". Ini merupakan cabochons yang diproduksi dengan cara menempelkan lembaran tipis azurmalachite pada sebuah bahan tipis yang tahan lama, seperti chalcedony atau giok. Cara ini akan menghasilkan cabochon yang indah, lebih awet dengan biaya yang lebih rendah.

SUMBER RUJUKAN
- www.geology.com dengan judul artikel “azurmalachite” (geology.com/gemstones/azurmalachite/) diakses pada tanggal 22 agustus 2017.




Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *