Apakah Ikan Salmon dan Yogurt dapat Melawan Kolesterol Jahat?

Gambar Hidangan dari ikan salmaon (Sumber gambar www.healthline.com)



IKAN SALMON DAN MELAWAN KOLESTEROL JAHAT
WANIBESAKc - Kadar kolesterol darah memainkan peran penting dalam kesehatan seseorang secara keseluruhan, jadi penting bagi kita untuk memeriksanya. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan kolesterol sehat adalah dengan memperhatikan apa yang dimakan.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya korelasi antara diet tinggi lemak jenuh dan kadar kolesterol LDL yang lebih tinggi atau kolesterol buruk. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 
Sumber lemak jenuh meliputi:
# daging merah.
# beberapa produk daging babi dan ayam.
# produk susu seperti mentega dan keju.

Lemak tak jenuh lebih sehat daripada lemak jenuh dan bisa meningkatkan kadar kolesterol.
Makanan yang mengandung lemak tak jenuh meliputi:
# alpukat
# zaitun
# Ikan tertentu, seperti salmon.

LEBIH BANYAK TENTANG KOLESTEROL
Kolesterol bergerak dalam tubuh kita dengan lipoprotein, yang merupakan protein yang mengandung lemak.
Terdapat dua jenis lipoprotein utama yaitu: 
# low-density lipoproteins (LDL)
# high-density lipoprotein (HDL)

Agar tetap sehat walafiat maka seseorang perlu Menjaga tingkat kedua jenis kolesterol ini agar tetap seimbang.
Lipoprotein adalah partikel yang terdiri dari protein dan berbagai jenis lemak. Mereka membawa kolesterol dan trigliserida melalui aliran darah. Kolesterol adalah zat lemak yang diperlukan untuk membangun sel. Kolesterol ini diproduksi di hati dari lemak dalam makanan yang kita konsumsi. Trigliserida adalah jenis lemak lain yang digunakan untuk menyimpan energi ekstra di sel-sel tubuh.

Kadar LDL tinggi (dikenal sebagai kolesterol "jahat") bisa terbentuk di arteri tubuh. HDL disebut sebagai jenis kolesterol "baik" karena mengkonsumsi kolesterol dari bagian tubuh lain ke hati, yang menghilangkan kolesterol dari tubuh dan membantu mengelolanya.

Jika arteri sedang meradang, tubuh menggunakan kombinasi kolesterol LDL, lemak, dan kalsium, di antara zat lainnya, untuk membentuk plak. Plak bisa terbentuk di dinding arteri dan menyebabkan penyempitan arteri. Hal ini dapat membatasi aliran darah ke dan dari jantung dan otak seseorang. Plak yang terbentuk dapat menyebabkan arteri tersumbat. Hasil akhirnya bisa berupa serangan jantung atau stroke.

Tes darah sederhana berikut dapat digunakan membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah Anda. Inilah cara menafsirkan hasilnya :
# Kolesterol tinggi : 240 miligram per desiliter (mg/dL) dan yang lebih tinggi.

# Garis batas tinggi : 200-239 mg/dL (miligram per desiliter).

# Tingkat yang diinginkan : Kurang dari 200 mg/dL (miligram per desiliter).

DAPATKAN SALMON MELAWAN KOLESTEROL TINGGI?
Mengkonsumsi lemak tak jenuh yang sehat, seperti yang ditemukan pada salmon, telah terbukti memperbaiki kadar kolesterol. Faktanya, ikan menyediakan protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang memiliki lemak jenuh tinggi. Salmon adalah alternatif yang hebat untuk daging merah karena makanan ini padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Plus, sangat enak menggiurkan.

Sebuah potongan tipis daging 3 ons salmon Atlantik yang dimasak rata-rata mengandung 23 gram protein dan 6 gram lemak, yang sebagian besar adalah lemak tak jenuh yang sehat. Ini juga mengandung vitamin D, vitamin B-12, dan vitamin B-6 yang tinggi, dan merupakan sumber magnesium, niasin, asam lemak omega-3, dan selenium yang baik bagi tubuh manusia.

Ketika seseorang ingin memperbaiki kesehatan jantung dan kadar kolesterolnya, maka ikan salmon adalah pilihan tepat.
Tidak seperti daging merah, salmon merupakan sumber lemak tak jenuh sehat yang bisa bermanfaat bagi kolesterol. Jadi jika suatu saat Anda tergoda untuk memanggang steak atau memesan rusuk, cobalah sepotong ikan salmon.

APAKAH YOGURT BISA MENURUNKAN KOLESTEROL?
Yogurt telah dijadikan camilan oleh banyak orang karena mengandung probiotik yang bermanfaat, menjadi sumber protein dan vitamin, rendah gula, dan tentu membuat kita kenyang.
Tapi apakah Yogurt bisa juga membantu menurunkan kadar kolesterol buruk kita?
Sebuah studi tahun 2013 mengaitkan konsumsi yogurt dengan tekanan darah dan kadar kolesterol yang sehat. Dalam penelitian tersebut, pemakan yogurt sepertinya memiliki profil metabolik yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi yogurt. 
Ini berarti mereka memiliki indeks massa tubuh lebih rendah (BMI), lingkar pinggang, serta tingkat trigliserida yang lebih rendah, glukosa dan insulin, dan tekanan darah. Mereka juga menunjukkan kepadatan tingkat tinggi lipoprotein HDL atau kolesterol baik.
Penelitian lain telah menghubungkan kemampuan yogurt untuk menurunkan kolesterol dengan kandungan probiotiknya, seperti temuan penelitian di Inggris bahwa dua dosis harian protein probiotik dapat menurunkan kadar kolesterol utama dalam darah, serta tingkat lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol "buruk". 
Walaupun demikian, penelitian ini tidak dapat menentukan apakah efek positifnya disebabkan oleh probiotik sendiri atau yogurt itu sendiri, atau kombinasi keduanya.
Meskipun temuan terkait dengan kemampuan yogurt untuk menurunkan kolesterol sama sekali tidak pasti, tidak diragukan lagi beberapa manfaat kesehatan lainnya untuk mengonsumsi yogurt. Yogurt ini adalah sumber probiotik sehat, nutrisi vital dan vitamin, dan protein pembentukan otot.



SUMBER RUJUKAN
_ Kristen Fischer. 2017. "salmon and cholesterol" (www.healthline.com/health/food-nutrition/salmon-and-cholesterol#1) diakses pada Kamis, 05 Oktober 2017.





Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *