24 Fakta Unik tentang Antartika

Salah satu foto yang membuktikan keindahan antartika (Sumber gambar: telegraph.com)

Bumi mempunyai 2 kutub yaitu Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kutub utara disebut juga sebagai Arktik, sedangkan kutub selatan disebut juga sebagai antartika.
Secara harfiah, istilah antartika kebalikan dari arktik. Arktik artinya "tanah beruang", sedangkan antartika artinya "tanah tanpa beruang".
Namun perlu diingat bahwa istilah "beruang" yang dimaksud di sini adalah rasi bintang Mitologi Yunani kuno yang hanya dilihat di belahan bumi utara.
Hal ini tentu sangat menarik, karena beruang kutub hanya ditemukan di kutub utara. Di kutub selatan tidak ada beruang.
Antartika merupakan tempat yang mengagumkan dan hingga saat ini dipercayai oleh penganut teori bumi datar bahwa antartika adalah kunci untuk membuktikan bahwa bentuk bumi yang sebenarnya adalah datar.
Berikut akan dibahas secara singkat beberapa fakta mengenai antartika yang dirangkum dari beberapa sumber.
1. Antartika adalah benua terbesar kelima dan sebagian besar permukaannya tertutup es, sekitar 90%. Lapisan es Antartika diperkirakan telah berada di sana sekitar 40 juta tahun. Ketebalan lapisan es di antartika bisa mencapai 4.000 meter (4 km).
2. Antartika merupakan tempat bertemunya semua garis bujur, 360 garis bujur. Oleh sebab itu, di Kutub Selatan semua zona waktu dapat digunakan. Tidak ada zona waktu, menjadikannya satu-satunya benua di dunia tanpa zona waktu.
3. Matahari di antartika akan terlihat selama 6 bulan, kemudian tidak terlihat selama 6 bulan berikutnya. Artinya selama 6 bulan siang, 6 bulan berikutnya malam.
4. Jika seluruh es di antartika mencair, maka akan menyebabkan naiknya permukaan air laut setinggi 60 sampai 65 meter.
5. Berdasarkan alasan bahwa anjing Husky dapat memasukan virus dan mikroorganisme baru di Antartika, sebuah perjanjian ditandatangani untuk mencegah masuknya Husky di benua Antartika.
6. . Benua antartika sangat dingin, berangin, dan terkering. Oleh sebab itu, benua ini sering disebut juga sebagai gurun antartika.
7. Semut adalah salah satu penjajah paling sukses yang pernah diketahui. Namun, mereka gagal menjajah beberapa pulau yang sangat tidak ramah ini.
8. Angin di antartika sangat kencang yakni sekitar 200 mph (320 km/jam). Angin yang sangat kencang ini, dapat menyebabkan terjadinya badai salju yang dahsyat.
9. Wanita pertama yang mengunjungi antartika, pada tahun 1935, adalah Catherine Mikkelson, istri dari kapten perburuan paus asal Norwegia.
10. Salah satu tempat di antartika yang disebut sebagai Lembah Kering Antartika (The Dry Valleys of Antarctica) adalah tempat terkering di Bumi, dengan kelembaban rendah dan hampir tidak ditutupi salju atau es.
11. Hingga saat ini, belum ada penduduk tetap di benua antartika. Walaupun seperti itu, namun terdapat tujuh negara yang mengklaim kepemilikan atas beberapa bagian dari antartika. Tujuh negara tersebut adalah Inggris, Australia, Norwegia, Selandia Baru, Prancis, Chili, dan Argentina. Meskipun telah diklaim sebagai bagian dari negeranya, namun sebagian besar lokasi dibiarkan begitu saja karena termasuk zona berbahaya. Tujuan dari pengklaiman daerah di antartika adalah untuk dimanfaatkan sebagai tempat penelitian.
Demi mengklaim sebagian benua Antartika, pada tahun 1979 Argentina mengirim seorang wanita hamil ke benua berdenyut tersebut. Hal inilah yang membuat Emile Marco Palma, menjadi anak yang pertama kali lahir di benua antartika.
12. Benua antartika dibagi menjadi dua wilayah yaitu antartika barat dan antartika timur.
13. Beberapa perkiraan menyataan jika seluruh Lembar Es Antartika Barat meleleh, maka akan meningkatkan permukaan rata-rata laut global sebesar 16 kaki (5 meter).
14. Antartika disebut juga sebagai mars putih karena sebagian besar permukaannya tertutup salju dan es yang berwarna putih.
15. Meskipun disebut gurun, namun padang antartika berisi 70% air bersih yang tidak terkontaminasi.
16. Antartika kaya akan sumber daya alam, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Bahkan diduga memiliki uranium. Meski begitu, hingga saat ini, tidak diperbolehkan untuk ditambang. Hal ini tertuang dalam perjanjian antartika. Berdasarkan perjanjian antartika, benua es tersebut hanya boleh digunakan untuk penelitian.
17. Pada saat musim panas, sinar matahari di antartika, melebihi sinar matahari di khatulistiwa. Jika anda berada di luar terlalu lama, radiasi sinar matahari akan membakar kulit dan membuat anda rentan terhadap kanker kulit.
18. Suhu antartika saat 6 bulan malam, bisa mencapai -70 C. Pada saat inilah terjadinya angin kencang pembuat badai.
19. Gunung Vinson adalah puncak tertinggi di Antartika, dengan ketinggian 16.066 kaki (4.897 meter).
20. Pada musim panas, sepanjang pesisir antartika dipenuhi oleh beberapa invertebrata, ikan, paus, dan penguin.
Penguin adalah burung yang paling umum di Antartika dan tinggal dalam bentuk koloni. Koloni ini membentuk populasi yang bisa menyaingi beberapa kota.
Satu-satunya hewan berdarah panas yang bertahan melewati musim dingin adalah penguin kaisar jantan. Saat musim dingin, penguin kaisar jantan tetap bertahan di sarang karena menjaga dan mengerami telur yang ditinggalkan oleh pasangan betinanya. Sang betina yang telah bertelur akan kembali ke lautan mencari makan selama 9 bulan. Penguin betina hanya akan kembali ke sarang, tepat saat telur yang ditinggalkan akan menetas. Jadi yang bertugas mengerami telur adalah penguin kaisar jantan. Mengagumkan bukan?

21. Satu-satunya hewan darat asli antartika adalah Belgica Antarctica. Belgica termasuk serangga yang panjang tubuhnya hanya 2 mm. Hewan ini biasanya bersembunyi di bawah lapisan es, sedalam 1 cm. Lama waktu bersembunyi bisa mencapai 10 bulan dan masih bisa hidup meskipun telah kehilangan 70% air dari tubuhnya.
Para ahli geologi mengatakan, terdapat sekitar 91 gunung berapi aktif di antartika bagian barat. Ketinggian gunung-gunung tersebut bervariasi, mulai dari 100 meter hingga 3.850 meter. Posisi gunung berapi di antartika ada yang menyembul dari lapisan es, sebagian lagi terkubur di bawah lapisan es dengan ketebalan mencapai 4.000 meter.
22. Salah satu gunung berapi yang paling aktif dan paling eksplosif di kutub selatan adalah gunung Mt. Erebus.
23. Pada tahun 2019, gunung es raksasa sebesar 1.636 kilometer persegi terlepas dari bongkahan es di Antartika timur. Gunung es tersebut mempunyai ketebalan 210 meter dan memiliki 315 milyar ton es. Gunung es raksasa ini dinamakan Iceberg D28.

Fenomena terpisahnya gunung es ini membuat beberapa orang berpikir bahwa inilah awal terjadinya perubahan iklim. Namun menurut para ahli, fenomena ini merupakan hal yang normal. Hal itu bisa terjadi karena adanya tambahan massa dari salju yang jatuh dan gerakan gletser secara perlahan menuju pantai.
Gambar Iceberg yang terlepas dari benua antartika

24. Keberadaan Antartika benar-benar tidak diketahui sampai benua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1820. Setelah 20 tahun kemudian baru dipastikan menjadi sebuah benua dan bukan hanya sekelompok pulau.
Penjelajah Norwegia, Roald Amundsen, adalah manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan. Dia mengalahkan penjelajah Inggris Robert Falcon Scott. Ia tiba di Antartika pada tanggal 14 Desember 1911, dan menanam bendera Norwegia di sana.



SUMBER RUJUKAN
-  www.factslegend.org. "20 Weird Antarctica Facts That Will Leave You Surprised". (factslegend.org/20-weird-antarctica-facts-will-leave-surprised/) diakses Jumat, 06, Oktober 2007.
- www.amp.livescience.com. "50 Amazing Facts About Antarctica" (amp.livescience.com/43881-amazing-antarctica-facts.html) diakses pada Jumat, 06 Oktober 2017.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *