52 Fakta Otak Manusia

Gambar bagian-bagian otak manusia. (Gambar diambil dari: ncbi.nml.nih.gov)


WANIBESAKc - Studi tentang otak manusia telah disebut sebagai batas terakhir dalam sains. Oleh sebab itu dari dulu telah beredar berbagai fakta dan juga mitos yang berkaitan dengan otak, terutama otak manusia. Pada saat itu, bidang ilmu saraf masih dalam masa pertumbuhan, namun meledak dengan cepat sehingga mampu mengubah "fakta otak" masa lalu menjadi "mitos otak" masa kini.
Para ahli sepakat masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang otak manusia daripada yang telah kita ketahui saat ini. Inilah beberapa fakta otak paling menarik yang didukung oleh berbagai penelitian sains. Beberapa akan membuat Anda takjub. Beberapanya lagi akan membuat Anda berhenti sejenak untuk berpikir.

Inilah beberapa fakta menarik dan keren tentang otak manusia.
1. Otak sekitar 2% dari massa tubuh seseorang namun menggunakan 20% dari total asupan energi dan oksigennya.
2. Otak tersusun dari 73% air. Seseorang yang mengalami 2% dehidrasi akan mempengaruhi perhatian, kerja memori, dan kemampuan kognitif lainnya.
3. 90 menit berkeringat bisa mengecilkan otak sebanyak satu tahun penuaan.
4. Berat otak manusia sekitar 3 kilogram. Dari jumlah itu, berat kering adalah 60% lemak, membuat otak kita menjadi organ paling gemuk (fattiest).
5. 25% kolesterol tubuh berada di dalam otak. Kolesterol merupakan bagian integral dari setiap sel otak. Tanpa kolesterol yang cukup memadai, sel otak akan mati.
6. Tidak ada yang tahu pasti, tapi perkiraan terbaru menyatakan, otak kita mengandung sekitar 86 miliar sel otak.
7. Setiap neuron terhubung dengan rata-rata 40.000 sinaps.
8. Sepotong jaringan otak seukuran butiran pasir mengandung 100.000 neuron dan 1 miliar sinapsis dan semuanya berkomunikasi satu sama lain.
9. Semua sel otak tidak sama. Ada sebanyak 10.000 jenis neuron spesifik di otak. 
10. Hanya 5 menit tanpa oksigen bisa menyebabkan kerusakan otak yang fatal.
11. Bayi memiliki kepala besar untuk menahan otak yang tumbuh dengan cepat. Otak bayi berusia 2 tahun adalah 80% dari ukuran orang dewasa.
12. Otak remaja tidak sepenuhnya terbentuk sampai sekitar usia 25 tahun, otak manusia mencapai kematangan penuh.
13. Informasi di otak bergerak dengan kecepatan antara 1 mph dan yang mengesankan 268 mil per jam. Ini lebih cepat dari mobil balap Formula 1 yang berada di atas 240 mph.
14. Otak kita menghasilkan sekitar 12-25 watt listrik. Arus ini cukup untuk menyalakan lampu LED yang memiliki watt rendah.
15. Otak rata-rata diyakini menghasilkan sekitar 50.000 pikiran per hari. Tertawa dengan bercanda membutuhkan aktivitas di lima wilayah otak yang berbeda. Melakukan hal-hal yang tidak perlu atau tidak penting sebenarnya bagus untuk otak karena membantu sistem saraf untuk mempertahankan plastisitasnya.
16. Lebih dari 100.000 reaksi kimia terjadi di otak setiap detik. Dalam beberapa hal ukuran memang penting, tapi dengan otak, lebih besar tidak selalu lebih baik atau lebih pintar.
17. Secara umum, otak pria 10% lebih besar dari wanita, bahkan setelah memperhitungkan ukuran tubuh lebih besar.
18. Otak Albert Einstein beratnya 2,71 pon (1.230 gram) - 10% lebih kecil dari rata-rata. Namun, kerapatan neuron otaknya lebih besar dari rata-rata.
19. Otak Neanderthal adalah 10% lebih besar dari otak homo sapiens.
20. Manusia tidak memiliki otak terbesar. Kehormatan itu dimiliki ikan paus sperma (sperm whales) dengan otak seberat 17 pon.
21. Gaya hidup modern mengubah otak kita. Ada beberapa bukti bahwa tidak semua menjadi lebih baik. Otak kita semakin mengecil. Selama 10-20.000 tahun terakhir, ukuran otak manusia rata-rata telah menyusut seukuran bola tenis. Namun perlu diingat bahwa ukuran otak yang lebih besar tidak selalu lebih baik atau lebih pintar.
22. Seiring berjalannya waktu, kita manusia tidak menjadi lebih pintar. Sejak era Victoria, IQ rata-rata manusia telah turun 1,6 poin per dekade dengan total 13,35 poin.
23. Multitasking membuat seseorang kurang produktif. Saat seseorang multitask, otak dengan cepat beralih bolak-balik memikirkan tugas. Hal ini bisa menyebabkan penurunan perhatian, pembelajaran, kinerja, dan memori jangka pendek.
24. Era milenium (umur 18 sampai 34) seseorang menjadi lebih pelupa. Mereka lebih cenderung melupakan saat ini hari apa atau di mana mereka meletakkan kunci mereka daripada orang tua mereka.
25. Otak manusia biasanya sering dibandingkan dengan teknologi paling maju saat ini. Misalnya dibandingkan dengan jam, switchboard, komputer, dan yang terbaru adalah internet.
26. Bentang perhatian kita semakin pendek. Pada tahun 2000, rentang perhatian rata-rata adalah 12 detik. Sekarang 8 detik. Itu lebih pendek dari rentang perhatian ikan mas rata-rata yakni 9 detik.
27. Sel otak menginaktivasi diri sebagai sumber energi terakhir untuk menangkal kelaparan. Jadi  diet bisa memaksa otak kita untuk memakan dirinya sendiri.
28. Kapasitas penyimpanan otak dianggap tidak terbatas. Itu tidak bisa "habis" seperti RAM di komputer yang dimiliki.

MITOS OTAK MASA LALU
Kemajuan cepat dalam ilmu saraf berarti informasi cepat menjadi usang. Itulah salah satu alasan mengapa ada banyak informasi keliru yang beredar seputar otak. Berikut adalah beberapa fakta otak yang diterima dengan baik pada zaman dulu namun telah terbukti tidak lagi benar.
29. Mitos populer, manusia hanya menggunakan 10% otak adalah 'flat out wrong'. Peralatan pemindaian otak dengan jelas menunjukkan bahwa sebagian besar otak kita digunakan dalam sebagian besar waktu, bahkan saat kita sedang tidur.
30. Tidak ada yang namanya tipe otak kiri atau otak kanan. Kita tidak berotak kiri atau berotak kanan; Kita "berotak utuh".
31. Terlepas dari apa yang telah Anda ceritakan kepada orang-orang, namun ingat alkohol tidak membunuh sel otak. Alkohol "hanya" merusak jaringan ikat di ujung neuron.
32. Efek Mozart telah dibantah. Sambil mendengarkan beberapa jenis musik Mozart dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, tidak ada yang unik tentang mendengarkan Mozart.
33. Anda mungkin pernah mendengar bahwa kita memiliki lebih banyak sel otak daripada bintang di Bima Sakti. Hal itu tidak benar. Perkiraan tebakan terbaik adalah bahwa kita memiliki 86 miliar neuron dan ada 200-400 miliar bintang di Bima Sakti.
34. Sering dikatakan ada 10.000 mil pembuluh darah di otak padahal sebenarnya jumlahnya mendekati 400 mil walaupun itu termasuk sangat panjang.
35. Berlawanan dengan kepercayaan medis yang berlaku, kolesterol total tinggi tidak buruk bagi otak Anda. Sebenarnya, ini benar-benar mengurangi risiko demensia.

FAKTA TENTANG MEMORI OTAK
36. Kenangan sangat tidak bisa diandalkan. Emosi, motivasi, isyarat, konteks dan frekuensi penggunaan semuanya dapat mempengaruhi seberapa akurat seseorang mengingat sesuatu.
37. Memori lebih merupakan aktivitas daripada tempat. Ingatan tertentu didekonstruksi dan didistribusikan di berbagai bagian otak. Kemudian, agar ingatan diingat, benda itu akan direkonstruksi dari fragmen individu.
38. Otak Anda mulai melambat pada usia lanjut 24 tahun, namun mencapai puncak kemampuan kognitif yang berbeda pada usia yang berbeda. Sebenarnya pada usia tertentu, kemungkinan otak kita menjadi baik dalam beberapa hal dan lebih buruk pada orang lain.
39. Jika kita minum alkohol dan tidak ingat apa yang kita lakukan, itu bukan karena kita lupa. Namun ketika kita mabuk otak kita tidak mampu membentuk kenangan.

FAKTA LAIN TENTANG OTAK
40. Otak manusia tidak kokoh. Otak itu sangat rapuh, lembut, dan licin mirip tahu atau gelatin.
41. Terkadang setengah otak itu baik sebagai keseluruhan. Ketika ahli bedah melakukan hemispherectomy, mereka mengeluarkan atau menonaktifkan separuh otak untuk menghentikan kejang. Hasilnya sungguh mengejutkan karena pasien tidak akan merasakan efek pada kepribadian atau memori.
42. Anda mengendalikan hidup Anda? Cobalah pikirkan lagi. 95% keputusan Anda terjadi di alam bawah sadar Anda.
43. Otak di kepala kita bukanlah satu-satunya otak kita. Ada "otak kedua" di usus kita yang mengandung 100.000 neuron. Bakteri usus bertanggung jawab untuk menghasilkan lebih dari 30 neurotransmiter termasuk serotonin "molekul bahagia". 
44. Beberapa ilmuwan percaya bahwa zombie bisa menjadi nyata dan mungkin saja virus atau parasit yang bermutasi dapat menyerang otak kita dan menyebar dengan cepat ke seluruh populasi besar yang pada dasarnya merupakan "kiamat zombie (zombie apocalypse)".
45. Hambatan darah yang terdapat dalam otak mampu melindungi otak kita dari zat asing. Tapi itu tidak bekerja dengan sempurna. Nikotin dalam asap mengalir ke otak manusia hanya dalam waktu 7 detik. Di sisi lain, alkohol membutuhkan waktu 6 menit.
46. Resep obat tidur tidak membuat kita tertidur. Mereka memasukkan otak kita ke dalam keadaan yang mirip dengan koma, yang pada dasarnya memotong nilai tidur yang restoratif.
47. Otak kita mendambakan rangsangan mental. Oleh sebab itu, beberapa orang, terutama pria, lebih suka menerima untuk melakukan tantangan daripada duduk diam di sebuah ruangan dan berpikir.
48. Lebih dari 140 protein di otak terkena dampak negatif akibat paparan frekuensi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel dan perangkat elektronik lainnya. Lama penggunaan ponsel dikaitkan dengan risiko tumor otak yang lebih tinggi. Kehilangan darah dari otak selama 8-10 detik bisa menyebabkan ketidaksadaran.
49. Meskipun rasa sakit diproses di otak, otak tidak memiliki reseptor rasa sakit dan tidak merasakan sakit. Ini menjelaskan bagaimana operasi otak bisa dilakukan saat pasien terjaga tanpa rasa sakit ataupun merasakan ketidaknyamanan.
50. Beberapa fakta tentang otak sama nyatanya dengan cerita otak Albert Einstein. Ahli patologi yang melakukan autopsi Einstein menyimpan otaknya di toples di ruang bawah tanahnya selama 40 tahun. Akhirnya dia melakukan perjalanan lintas negara dengan otak di wadah Tupperware untuk mengantarkannya ke cucu Albert Einstein.
51. Bau adalah satu-satunya perasaan yang terkait langsung dengan sistem limbik otak yang dikaitkan dengan respons fisik, emosional, dan psikologis. Makanya, baunya enak seperti minyak esensial dan bau makanan, dan bau tak sedap mempengaruhi suasana hati kita secara drastis. Aroma cokelat meningkatkan gelombang otak theta yang memicu relaksasi.
52. Semua orang bermimpi, bahkan orang buta, paling tidak 1-2 jam dan rata-rata bermimpi 4-7 kali setiap malam. Gelombang otak lebih aktif saatnkita sedang bermimpi daripada saat kita sudah terbangun.







SUMBER RUJUKAN
  • bebrainfit.com/human-brain-facts/
  • www.healthline.com/health/fun-facts-about-the-brain.



Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *