Hiponatremia: Keracunan Air Putih karena Minum Air Terlalu Banyak



Tak bisa dipungkiri bahwa kita pasti pernah mendengar beberapa orang menyatakan hal ini kepada kita:
"Kamu harus banyak minum air putih! Karna itu sangat penting bagi kesehatan tubuhmu"
Ada berbagai alasan bagus dan keren yang masuk akal berkaitan dengan minum air putih, tapi pernahkah Anda bertanya-tanya apakah mungkin minum terlalu banyak air.

Apa yang terjadi jika kita minum air putih terlalu banyak??
Ternyata, minum terlalu banyak air dalam satu waktu dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai keracunan air dan masalah terkait akibat pengenceran ion natrium atau sodium dalam tubuh. Dalam dunia medis keadaan ini disebut hiponatremia.
Intoksikasi keracunan air yang paling sering terjadi pada bayi di bawah usia enam bulan dan kadang-kadang terjadi pada atlet. 
Seorang bayi bisa keracunan air akibat minum beberapa botol air putih per hari atau karena minum susu formula bayi yang terlalu encer. Oleh sebab itu, seorang bayi tidak diperbolehkan minum air atau susu formula yang sangat encer. Untuk menghindari hal ini maka sebaiknya ikuti petunjuk takaran yang tertera pada pembungkus susu.
Olahragawan juga bisa menderita keracunan air. Atlet yang berkeringat berat akan kehilangan air dan zat-zat elektrolit yang penting bagi tubuh. Intoksikasi air dan hiponatremia dapat terjadi pada atlet atau seseorang, jika saat orang tersebut mengalami dehidrasi kemudian minum terlalu banyak air tanpa disertai elektrolit.
Seorang olahragawan dapat menghindari keracunan air dengan meminum air yang mengandung elektrolit, misalnya sports drinks yang merupakan minuman khusus bagi olahragawan.

APA YANG TERJADI SELAMA INTOKSIKASI AIR?
Hiponatremia yaitu suatu kondisi dimana kondisi ion natrium dalam darah lebih rendah dari biasanya.
Konsentrasi ion natrium dalam serum normal adalah 135-145 mEq/L. Jadi hiponatremia dapat pula didefinisikan sebagai kadar natrium serum yang kurang dari 135 mEq/L.
Beberapa pedoman mengklasifikasikan hiponatremia pada orang dewasa sesuai dengan konsentrasi ion natrium serum, sebagai berikut:
- Ringan: 130-134 mmol/L
- Sedang: 125-129 mmol/L
- Berat : <125 mmol/L

Ion natrium merupakan elektrolit yang biasa ditemukan di cairan tubuh di luar sel. Hal ini sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Ion natrium juga dibutuhkan oleh saraf, otot, dan jaringan tubuh lainnya agar bekerja dengan baik.
Bila jumlah ion natrium dalam cairan di luar sel turun di bawah normal, air akan bergerak ke sel untuk menyeimbangkan secara osmosis. Osmosis yaitu pergerakan air dari konsentrasi yang lebih tinggi ke konsentrasi rendah melalui membran semipermeabel. Hal ini dapat menyebabkan sel membengkak jika terlalu banyak air. Sel otak sangat sensitif terhadap pembengkakan, dan ini menyebabkan banyak gejala kekurangan ion natrium.
Jika kadar ion natrium rendah (hyponatremia), ketidakseimbangan air terhadap ion natrium disebabkan oleh satu dari tiga kondisi berikut:
1. Hiponatremia euvolemik, yakni jumlah air tubuh meningkat, namun kandungan ion natrium tubuh tetap.
2. Hiponatremia hipervolemik, yakni kandungan natrium dan air dalam tubuh meningkat, namun kenaikan air lebih besar.
3. Hiponatremia hipovolemik, yakni air dan natrium keduanya hilang dari tubuh, namun kehilangan ion natrium lebih besar.

Hiponatremia dapat dikelompokkan lebih lanjut menurut osmolalitas yang efektif, sebagai berikut:
- Hiponatremia hipotonik
- Hiponatremia isotonik
- Hiponatremia hipertonik

Ion natrium yang rendah dalam darah bisa disebabkan oleh beberapa hal yakni sebagai berikut:
- Luka bakar di area tubuh yang luas
- Diare
- Obat diuretik (pil air), yang meningkatkan output urin
- Gagal jantung
- Penyakit ginjal
- Sirosis hati
- Sindrom sekresi hormon antidiuretik yang tidak tepat (SIADH)
- Berkeringat berlebihan
- Muntah berlebihan

Dari sudut pandang sel, keracunan air menghasilkan efek yang sama seperti akibat tenggelamnya seseorang di dalam air tawar. Ketidakseimbangan elektrolit dan pembengkakan jaringan dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, memungkinkan cairan masuk ke paru-paru, dan dapat menyebabkan kelopak mata memerah.
Pembengkakan memberi tekanan pada otak dan saraf, yang bisa menyebabkan perilaku menyerupai keracunan alkohol. 
Pembengkakan jaringan otak dapat menyebabkan kejang, koma, dan akhirnya mati kecuali asupan air dibatasi dan larutan garam (garam) hipertonik diberikan. 
Jika pengobatan diberikan sebelum pembengkakan jaringan menyebabkan kerusakan sel terlalu banyak, pemulihan yang lengkap dapat diharapkan dalam beberapa hari.
Perlu di perhatikan bahwa, hiponatremia berat (<125 mEq/L) memiliki tingkat kematian yang tinggi. Pada pasien yang kadar natrium serumnya di bawah 105 mEq/L, dan terutama pada pecandu alkohol, angka kematiannya bisa di atas 50%.

SIAPA YANG BERESIKO TERKENA HIPONATREMIA?
Kebanyakan orang tidak berisiko tinggi mengalami hiponatremia karena tubuh yang sehat akan tetap menjaga cairan dan elektrolit agar tetap seimbang. Tetapi terdapat beberapa orang yang berisiko tinggi yaitu mereka yang mungkin berpikir bahwa mereka membutuhkan lebih banyak air daripada yang biasanya mereka lakukan karena mereka berada dalam keadaan kritis. 
Berikut adalah beberapa kelompok yang telah diidentifikasi sebagai "berisiko tinggi" dibandingkan yang lain:
- Pengguna obat perangsang terutama saat dipadukan dengan menari berjam-jam.
- Orang yang sudah mengkonsumsi narkoba, termasuk alkohol, biasanya akan mencoba mengeluarkan obat dari tubuh mereka dengan cara minum banyak air.
- Orang yang kecanduan berolahraga selama berjam-jam sehari dan berusaha untuk rehydrate diri dengan air saja.
- Orang yang terlibat dalam perilaku tertentu sebagai upaya untuk menurunkan berat badan berlebih; Minum sejumlah besar air dapat digunakan dengan cara ini.
- Bayi yang baru lahir namun sang ibu menghindari menyusui dan memberi mereka susu encer dan air. Hal ini bisa saja terjadi dengan berbagai alasan dan bisa juga karena ibu dari si bayi sedang menggunakan obat tertentu.
- Atlet angkat beban.
- Orang dengan kondisi kejiwaan tertentu, seperti skizofrenia, gangguan schizoafektif, dan gangguan bipolar.

HUBUNGAN ANTARA HIPONATREMIA DENGAN RAS, JENIS KELAMIN, DAN USIA
Hiponatremia mempengaruhi semua ras.
Tidak ada predileksi seksual untuk hiponatremia. Namun, gejala lebih cenderung terjadi pada wanita muda daripada pria. Hiponatremia juga lebih sering terjadi pada orang tua, karena mereka memiliki tingkat komorbiditas yang lebih tinggi (misalnya gagal jantung, hati, atau ginjal) yang dapat menyebabkan hiponatremia.

INI BUKAN BERAPA BANYAK ANDA MINUM, ITU SEBERAPA CEPAT ANDA MINUMNYA
Ginjal orang dewasa yang sehat bisa mengolah lima belas liter air sehari. Anda tidak mungkin menderita keracunan air, bahkan jika Anda banyak minum air putih, selama Anda minum secara perlahan dari waktu ke waktu. Artinya anda tidak harus menghabiskan air satu galon besar dalam satu waktu.
Jika Anda berhenti minum air putih saat Anda berhenti merasa haus, Anda tidak berisiko overdosis air atau mengalami hiponatremia. Ada sedikit penundaan antara minum cukup air dan tidak merasa haus lagi.
Sebagai pedoman umum, kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 3 liter cairan setiap hari. Sebagian besar air tersebut berasal dari makanan, jadi 8-12 gelas delapan ons sehari adalah asupan yang disarankan umum. 
Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air jika cuacanya sangat hangat atau sangat kering, jika Anda berolahraga, atau jika Anda meminum obat tertentu. intoksikasi air adalah kondisi yang sangat tidak biasa.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *