Berapakah Titik Didih Air dan Susu? Faktor apa saja yang Mempengaruhinya

titik didih air dan susu


PERTANYAAN 1
Pada suhu berapa air mendidih? Faktor apakah yang menentukan titik didih air? Inilah jawaban untuk pertanyaan umum ini.

JAWABAN :
Titik didih adalah suhu (temperatur) ketika tekanan uap sebuah zat cair sama dengan tekanan eksternal yang dialami oleh cairan. Sebuah cairan berada di dalam keadaan vacum akan memiliki titik didih yang rendah dibandingkan jika cairan itu berada di dalam tekanan atmosfer. Cairan yang berada di dalam tekanan tinggi akan memiliki titik didih lebih tinggi jika dibandingkan dari titik didihnya di dalam tekanan atmosfer.
Titik didih air adalah 100 °C atau 212 F pada tekanan 1 atmosfir di permukaan laut. Namun perlu diperhatikan bahwa nilai ini tidak konstan. Titik didih air sangat tergantung pada tekanan atmosfir dan dapat berubah sesuai elevasi.
Titik didih air adalah 100 °C atau 212 F pada tekanan 1 atmosfir di permukaan laut. Namun air akan mendidih pada suhu yang lebih rendah ketika seseorang berada ketinggian (misalnya berada di atas gunung) dan mendidih pada suhu yang lebih tinggi jika tekanan atmosfer meningkat (misalnya hidup atau tinggal di daerah yang berada di bawah permukaan laut). Hal inilah yang menjadi penyebab, air lebih cepat mendidih ketika kita merebus air di atas gunung.
Selain itu, titik didih air juga tergantung pada kemurnian air. Air yang mengandung banyak zat pengotor atau zat terlarut (seperti air asin) cenderung akan mendidih pada suhu yang lebih tinggi dari pada air murni. Fenomena ini disebut kenaikan titik didih, yang merupakan salah satu sifat koligatif larutan.
Fenomena kenaikan titik didih juga terjadi ketika kita menambahkan garam ke dalam air. Anda mungkin pernah mendengar ini dan bertanya-tanya apakah itu benar. Berikut ini adalah ilmu di balik garam yang ditambahkan ke dalam air mendidih.
Menambahkan garam tidak menurunkan titik didih air. Sebenarnya yang sebaliknya adalah yang benar. Menambahkan garam ke dalam air menghasilkan suatu fenomena yang disebut kenaikan titik didih. Artinya titik didih air sedikit meningkat, tapi perubahan tersebut cukup kecil sehingga terkadang kita tidak melihat perbedaan suhu tersebut.   Titik didih air biasa adalah 100 °C atau 212 F pada tekanan 1 atmosfir di permukaan laut. Anda harus menambahkan 58 gram garam hanya untuk menaikkan titik didih satu liter air hingga satu setengah derajat Celsius. 
Mengapa garam mempengaruhi titik didih? Garam adalah natrium klorida yang merupakan senyawa ionik sehingga akan terurai menjadi ion komponennya ketika dimasukan dalam air. Ion yang menyebar di dalam air akan mengubah bagaimana molekul berinteraksi satu sama lain.
Sebenarrnya efek ini tidak terbatas pada garam. Menambahkan senyawa atau zat lainnya ke air (atau cairan apapun) maka akan terjadi peningkatan atau kenaikan titik didih.   Perlu diperhatikan bahwa jika Anda ingin menambahkan garam ke dalam air, maka pastikan untuk menambahkannya sebelum merebus air atau sebelum air mendidih.    Menambahkan garam ke air yang sudah mendidih bisa menyebabkan air terciprat dan mendidih lebih kencang selama beberapa detik.

PERTANYAAN 2
Pada suhu berapa susu akan mendidih? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi titik didih susu?
Anda mungkin perlu mengetahui titik didih susu untuk memasak atau mungkin hanya ingin tahu. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa yang berkaitan dengan titik didih susu dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.



JAWABAN :
Titik didih susu mendekati titik didih air, yaitu 100 °C atau 212 F tekanan 1 atmosfir di permukaan laut, namun susu mengandung molekul tambahan di dalamnya, jadi titik didihnya sedikit lebih tinggi.
Persis berapa jauh lebih tinggi dari air tergantung pada komposisi kimia susu yang tepat. Jadi sampai dengan detik ini, tidak ada titik didih susu standar yang bisa dilihat. Namun, itu hanya sepersekian derajat, jadi titik didihnya sangat dekat dengan air. Seperti air, titik didih susu dipengaruhi oleh tekanan atmosfir, jadi titik didihnya paling tinggi di permukaan laut dan turun jika kita berada di atas gunung.

MENGAPA TITIK DIDIH SUSU LEBIH TINGGI TITIK DIDIH AIR?
Titik didih susu lebih tinggi dari titik didih air karena fenomena yang disebut kenaikan titik didih. Kapan pun ketika suatu bahan kimia non-volatil dilarutkan dalam cairan, peningkatan jumlah partikel dalam cairan akan menyebabkannya mendidih pada suhu yang lebih tinggi.
Anda bisa memikirkan susu sebagai air yang mengandung garam, gula, lemak, dan molekul lainnya. Sama seperti air asin yang mendidih pada suhu yang sedikit lebih tinggi daripada air murni. Begitupun susu yang mendidih pada suhu yang sedikit lebih tinggi juga. Ini bukan perbedaan suhu yang sangat besar, jadi, susu akan mendidih secepat air.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *