Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Air?

..
Sumber gambar: Giovannid di Pixabay
Sumber gambar: Giovannid di Pixabay



WANIBESAKc - Tubuh manusia adalah 50% -75% air, tergantung pada usia seseorang. Jumlah air pada tubuh anak-anak lebih banyak dibanding orang dewasa. Tentu Anda mungkin pernah mendengar hal itu sejak sekolah dasar, tapi pikirkanlah. Ini sangat mengejutkan. Dan ini sangat membantu menjelaskan mengapa air sangat penting bagi kita-makhluk cair. 
Secara umum, jika seseorang kehilangan lebih dari 3% air, maka orang tersebut telah mengalami dehidrasi. Jika kita kehilangan 20% air dari tubuh kita, maka kita akan mengering seperti roti.
Untungnya, kita memiliki persedian air dengan jumlah yang sangat fantastis. Saat ini 71% permukaan bumi ditutupi oleh air. Artinya di bumi, jumlah air lebih besar dibanding daratan.
Air membantu mengatur dan menjaga suhu tubuh. Mengangkut nutrisi dan oksigen, serta membuang produk limbah dan racun. Air juga membasahi dan melumasi mulut, mata, hidung, rambut, kulit, persendian, dan saluran pencernaan kita.
Jika tubuh kita tidak mendapatkan cukup air, seseorang berisiko mengalami dehidrasi, suhu tubuh tinggi, kelelahan, penurunan kinerja, ganggguan mental & fisik, dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan panas.

Berapa banyak air yang cukup??
Aturan praktisnya adalah meminum setidaknya 8 x 250 mL gelas air secara merata sepanjang hari. Namun, sulit untuk mengatakan darimana asal aturan itu.
Sebuah studi penting oleh National Academy of Science pada tahun 2004 menetapkan rekomendasi untuk tubuh wanita sekitar 2,7 liter air total (dari semua makanan dan minuman) dan sekitar 3,7 liter untuk pria setiap hari. 
Kedengarannya seperti banyak air, bukan?
Nah, tidak begitu bila Anda menganggap bahwa sekitar 20% asupan air kita berasal dari makanan. Tentu saja, selalu ada baiknya beberapa air berguna untuk memastikan hidrasi yang tepat. Biarkan dahaga Anda menjadi pemandu Anda.
Air adalah unsur yang paling penting untuk bertahan hidup karena memiliki vitalitas tersendiri untuk semua jenis makhluk hidup. Berfokus pada manusia, seseorang bisa bertahan berminggu-minggu dan berbulan-bulan tanpa makanan, tapi tidak bisa hidup tanpa air. 
Tidak seperti unta, yang memiliki punuk di punggung mereka untuk tujuan menyimpan air, yang dapat dimanfaatkan selama berminggu-minggu, namun manusia tidak memiliki sistem pendukung air seperti itu, oleh karena itu sebaiknya Anda berpikir bahwa berapa lama Anda dapat Hidup tanpa air.

Berapa lama kamu dapat hidup tanpa air dan makanan??
Sebelum menjawab semua pertanyaan ini, kita semua perlu tahu bahwa tidak semua tubuh merespons air dengan cara yang sama. 
Kecenderungan tubuh dapat berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Oleh karena itu suatu perkiraan tidak dapat dibuat secara tepat dan hanya gambaran kasar yang bisa diberikan.
Dengan menempatkan energi yang dihasilkan dari asupan makanan, maka waktu maksimum seseorang dapat bertahan hidup tanpa air adalah 3 hari. Meski beberapa orang telah berhasil melawan peraturan ini selama sekitar 8-10 hari. Hal ini bisa dimungkin jika cuacanya sejuk.
Jika cuaca cerah, 3 hari juga bisa menjadi target yang mustahil untuk dipenuhi. Hal ini disebabkan karena 60% total tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu seiring dengan kenaikan suhu air mulai menguap. Dalam hal ini seluruh sistem dapat mulai tidak berfungsi karena kekurangan cairan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.
Perlu dicatat bahwa banyak kasus terjadi kematian alami ketika seseorang berhenti makan atau minum. Hal ini sebagian besar terjadi ketika perlahan dan perlahan orang yang sekarat mengurangi jumlah asupan makanan dan cairan. Makanan bisa berfungsi sebagai gudang energi selama beberapa hari, tapi bila suplai cairan berkurang, tubuh mulai tidak berfungsi.
Dengan penurunan jumlah cairan tenggorokan kita akan mulai mengering yang membuat kita agak sulit bahkan tidak mungkin untuk menelan apapun. Demikian juga saat orang itu kelaparan. Setelah beberapa hari, rasa lapar dan haus mulai mulai berkurang bahkan bisa lenyap. Oleh karena itu ketika seseorang berhenti makan, dapat kita katakan bahwa itu adalah tanda akhir yang akan datang, yang bisa berkisar dari beberapa hari sampai beberapa minggu.
Seseorang yang bisa bertahan tanpa air tergantung pula pada usia, kondisi kesehatan (kompleksitas kesehatan) dan riwayat kesehatannya.
Biasanya setelah berusia 65 tahun, orang dewasa terserang penyakit kronis seperti diabetes dan serangan jantung. Dalam keadaan seperti itu menjadi wajib bagi seseorang untuk lebih memperhatikan asupan air dan makanan bagi dirinya sendiri.
Hal ini disebabkkan ketika asupan makanan menurun secara alami, dapat dipahami bahwa kematian dapat mendekati orang tersebut kapan saja.
Walaupun demikian kita tidak dapat memprediksi secara akurat karena setiap individu memiliki kecenderungan sendiri. Jika seseorang terkena lingkungan yang panas, dapat mengalami dehidrasi lebih cepat daripada orang-orang yang berada di lingkungan yang lebih dingin.
Jika sibuk atau tidak sadar membuat kita mengabaikan pentingnya asupan air yang tepat. Namun perlu diingatkan bahwa dengan tidak adanya jumlah asupan air yang memadai, kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan akan terganggu dan Anda harus mengambil semua tindakan yang mungkin untuk menghindari hal itu.
Semoga Anda mengerti konsekuensi kekurangan cairan dalam tubuh dan saya juga berharap agar Anda tidak benar-benar harus mencari tahu berapa lama Anda bisa hidup tanpa air dengan cara tidak minum air beberapa hari. 
Ingat Anda beruntung memiliki hidup ini dan tubuh ini sehingga Anda perlu merawat tubuh Anda. Nikmati sumber alam indah yang disebut "AIR" ini, karena ada banyak manusia di dunia ini yang kekurangan air dan telah mencarinya ke mana-mana.

Berapa lama seseorang yang mengidap kanker bisa bertahan hidup tanpa air??
Di sini umur panjang seseorang tidak dapat dinilai sampai dan kecuali stadium kanker diketahui bersamaan dengan kondisi medis yang mendetail.
Ketika seseorang terkena kanker, jika didiagnosis pada waktu yang tepat, dia dapat diobati setelah menjalani banyak prosedur. Ini pasti akan membawa perubahan pada gaya hidupnya dan kehidupannya bisa diselamatkan untuk beberapa waktu ke depan.
Namun, dalam kasus stadium lanjut kanker, bisa jadi sulit bagi pasien karena kanker membuat tubuh seseorang sangat lemah. Dalam kasus tersebut, laju asupan ataupun serapan tubuh terhadap makanan dan air perlahan dan perlahan menurun.
Karena kandungan cairannya yang rendah di dalam tubuh air kencing menjadimenguning bahkan seperti cairan besi berkarat. Hal ini merupakan sebuah indikasi bahwa kematian sudah dekat.



SUMBER RUJUKAN

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *